Simulasi RW Tangguh di Jakarta Utara, Begini Penanganan Saat Terjadi Bencana Banjir

Selasa, 01 Desember 2020 - 22:35 WIB
Sejumlah petugas gabungan bersama warga melakukan simulasi RW Tangguh dalam menghadapi bencana banjir, di RW 015, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
JAKARTA - Sejumlah petugas gabungan bersama warga melakukan simulasi Rukun Warga (RW) Tangguh dalam menghadapi bencana banjir, di RW 015, Kelurahan Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara , Selasa (1/12/2020).

Dalam gelaran ini terdiri dari tiga bagian simulasi, yakni persiapan dalam menghadapi bencana, saat terjadi bencana, dan pasca terjadinya bencana.

(Baca juga: Wali Kota Jakut Perintahkan Jajarannya Gerak Cepat Antisipasi Banjir)







Pada bagian persiapan, simulasi dimulai dengan Ketua RW Ali Damanhuri menyaksikan prakiraan cuaca Badan Metrologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan melaporkan prakiraan cuaca kepada pengurus RW hingga RT.

Pada bagian ke dua atau saat terjadi bencana, pengurus RT/RW dan kader berkeliling kampung memberikan peringatan dini kepada warga genangan air mulai meninggi dan warga harus mulai dievakuasi. (Baca juga: BMKG: Waspada Tiga Fenomena Ini Penyebab Bencana Hidrometeorologi di Jakarta)



Sedangkan pada bagian pasca bencana, petugas siap menyimulasikan apel warga dan petugas gabungan sebelum menggelar kerja bakti massal. Warga dan petugas gabungan berkolaborasi membersihkan sisa lumpur dan sampah yang berserakan di lingkungan.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More