Melihat Pemandian Keramat Banyu Mudal di Depok yang Konon Bisa Menyembuhkan Penyakit

Rabu, 28 Oktober 2020 - 18:00 WIB
“Bahkan sudah tidak ada lagi orang ngimpo karena keberadaan masjid dan keimanan masyarakat Panggulan yang kuat,” tukasnya. Meski hanya tersisa dua kolam Banyu Mudal yang mudah di akses warga, tetapi masih dianggap memiliki nilai positif bagi warga sekitar. Sejak dulu kata dia, air Banyu Mudal sering dimanfaatkan warga.

Banyak warga percaya air Banyu Mudal dapat menghilangkan penyakit gatal maupun kudis. Karena air Banyu Mudal mengandung belerang walaupun berbau minyak. “Yang datang tidak hanya warga Depok, ada juga dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bogor, maupun wilayah lain memanfaatkan air Banyu Mudal,” katanya.

Karena kerap dijadikan untuk mandi menyembuhkan penyakit, lanjut Sanusi, lokasi pemandian Banyu Mudal ditata secara mandiri. Di sekitar pemandian, diberi penutup dinding dengan dikelilingi seng dan bambu. Itu untuk menghindari kecemasan masyarakat saat mandi dan dilihat orang lain.

“Mandi di sana tidak dipungut biaya dan biasanya masyarakat memberikan secara sukarela,” paparnya. Dia pun berharap Banyu Mudal dapat dijadikan potesi wisata di Kota Depok karena nilai histori dan manfaatnya. Namun Pemkot Depok harus melakukan pembebasan lahan, karena lokasi tersebut telah dimiliki warga.

Ia menilai, apabila lokasi Banyu Mudal dijadikan tempat wisata, akan memberikan manfaat kepada masyarakat sekitar, salah satunya UMKM Kelurahan Pengasinan. “Banyaknya orang datang dapat mendorong sektor ekonomi melalui UMKM,” ucapnya.
(hab)
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More