Mengenal TMII, Buah Gagasan Ibu Tien Soeharto

Selasa, 29 September 2020 - 15:01 WIB
Logo dan Maskot

Untuk meningkatlan daya tarik di tengah masyarakat, pada 26 September 2007 diluncurkan logo baru dan brand name. Logo tersebut menggunakan empat warna dasar yakni merah, biru, kuning dan hijau. Merah sendiri melambangkan semangat, biru mencitrakan geografis Indonesia sebagai negara kepulauan, kuning melambangkan kekayaan dan keragaman budaya dan hijau mencitrakan kekayaan alam Indonesia. Sementara logo huruf lengkung menggambarkan kedinamisan, keberagaman budaya dan kekayaan alam Indonesia.

Pewarnaan dari merah 't' menuju ke kuning 'i' mengandung filosofi terbit sampai terbenamnya matahari, warna biru mencitrakan waktu saat beraktivitas dari kedinamisan dan warna hijau adalah pencapaian dari sebuah kemakmuran.

Kemudian, grafis bulatan yang berputar tiada henti di atas kedua huruf 'i' melambangkan kesatuan makna dari kata 'Indonesia' dan kata 'Indah' serta mencitrakan TMII sebagai destinasi terbaik untuk lebih melihat dan mengenal keindahan, kekayaan budaya Indonesia dan alam Indonesia.

Maskot dari tokoh wiracarita Ramayana yakni Anjani Putra disingkat NITRA yang merupakan nama lain dari Hanoman menjadi ikon TMII dan berperan sebagai sarana pengenal yang mempunyai makna informatif dengan tujuan agar mudah diingat dan dekat dihati masyarakat Indonesia. NITRA diresmikan secara langsung oleh ibu Tien Soeharto pada ulang tahun TMII ke-16 pada 20 April 1991.

Letak dan Luas

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) terletak di Jakarta, Ibu Kota Negara Keasatuan Republik Indonesia. Berjarak sekitar 2 kilometer dari Terminal Kampung Rambutan, 5 kilometer dari Bandara Halim Perdana Kusumah dan 200 meter dan gerbang Tol Jagorawi. Karena letaknya yang strategis membuat para pengunjung dengan mudah mencapainya menggunakan berbagai jenis kendaraan.

TMII yang memikiki luas area sekitar 150 hektare berada di dalam daerah administrasi empat Kelurahan dan tiga Kecamatan, diantaranya, Kelurahan Bambu Apus dan Ceger di Kecamatan Cipayung, Kelurahan Kampung Dukuh di Kecamatan Kramat Jati dan Kelurahan Pinang Ranti di Kecamatan Makasar, Jakarta Timur.
(wib)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More