PPK Kemayoran Ajak Semua Pihak Berkolaborasi Jaga Kebersihan Lingkungan

Senin, 28 Oktober 2024 - 23:04 WIB
yang menekankan pentingnya praktik pengelolaan sampah yang benar dimulai dari rumah tangga.

Dengan metode 3R (Reduce, Reuse, Recycle), dia mengajarkan bahwa pemilahan sampah bukan hanya memudahkan pengelolaan limbah tetapi juga memberikan nilai ekonomi, terutama melalui bank sampah yang memungkinkan sampah didaur ulang menjadi produk berguna.

"Kami mengajak masyarakat untuk menyetorkan sampah terpilah, yang dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Selain berdampak langsung pada lingkungan yang lebih bersih, praktik ini juga memberdayakan masyarakat secara ekonomi, menciptakan kesadaran dan budaya kelola sampah yang lebih bijak," ujar Denok.

Pengelola Bank Sampah yang ada di kawasan Kemayoran Joko Sarjono mengatakan, bank sampah memiliki peran ganda yaitu tidak hanya sebagai solusi pengelolaan sampah, tetapi juga sebagai sarana

pemberdayaan masyarakat dan upaya mewujudkan smart economy.

Bank sampah mampu menciptakan nilai ekonomi dari sampah yang dikelola serta mendorong masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan.

Dengan terlaksananya workshop ini, PPK Kemayoran menegaskan komitmennya dalam mendorong kolaborasi antarinstansi untuk menciptakan kawasan lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan. Melalui inisiatif seperti pengelolaan sampah yang terintegrasi dan pemberdayaan masyarakat melalui bank sampah diharapkan kawasan Kemayoran dapat menjadi model bagi pengelolaan lingkungan yang inovatif di kota-kota lain.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More