Hari Pertama Kampanye, RIDO Ziarah ke Makam Benyamin Sueb, MH Thamrin hingga Fatmawati

Rabu, 25 September 2024 - 12:33 WIB
Paslon Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO), memulai hari pertama kampanye Pilkada Jakarta dengan berziarah ke makam lima tokoh nasional dan Jakarta di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews/irfan maruf
JAKARTA - Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 1, Ridwan Kamil dan Suswono (RIDO), memulai hari pertama kampanye Pilkada Jakarta dengan berziarah ke makam lima tokoh nasional dan Jakarta di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Karet Bivak, Jakarta Pusat.

Ridwan Kamil menyebutkan kunjungan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan dan tokoh-tokoh penting Jakarta. “Ini adalah hari pertama kampanye. Sesuai adat dan syariat, kami memulai dengan mengunjungi makam tokoh-tokoh bangsa, tokoh Betawi, dan tokoh Jakarta yang telah memberikan kontribusi besar untuk negara,” kata Kang Emil, Rabu (25/9/2024).

Beberapa tokoh yang dikunjungi pasangan RIDO antara Mohammad Husni Thamrin yang merupakan tokoh pergerakan nasional dan pahlawan nasional dari Betawi. Ismail Marzuki komposer legendaris yang menggubah lebih dari 200 lagu perjuangan.





Kemudian H Benyamin Sueb merupakan seniman Betawi yang dikenal lewat karya-karyanya di dunia musik dan film. Selanjutnya H Abraham Lunggana (Haji Lulung) merupakan tokoh Betawi dan mantan anggota DPRD Jakarta. Terakhir, Fatmawati Soekarno yang merupakan istri Presiden Soekarno dan ibu negara saat proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Kang Emil menegaskan pentingnya menghormati sejarah, sesuai dengan ajaran Presiden Soekarno. “Bung Karno pernah bilang, ‘Jangan sekali-kali melupakan sejarah’. Dari sejarah kita belajar, dan dari sejarah pula kita akan merancang masa depan,” ungkapnya.



Dalam kunjungannya, Kang Emil juga menjelaskan semangat yang dibawa oleh tokoh-tokoh tersebut menjadi inspirasi untuk membangun Jakarta yang lebih baik. Dari Mohammad Husni Thamrin, pasangan RIDO belajar tentang pentingnya memperhatikan masyarakat miskin di kampung-kampung. Hal ini menjadi dasar program kampanye mereka untuk menata kampung-kampung tanpa harus memindahkan warganya.

“Kami akan memberikan dana Rp200 juta per tahun untuk setiap RW, serta menaikkan insentif bagi RT dan RW agar pembangunan kampung bisa berjalan maksimal dan demokratis,” jelas Ridwan Kamil.

Dari sosok Fatmawati, Ridwan Kamil dan Suswono terinspirasi akan keteguhan dalam perjuangan, yang mencerminkan nilai penting keluarga dan kebahagiaan warga Jakarta. Dari Ismail Marzuki, mereka belajar pentingnya menyemangati warga Jakarta melalui karya seni dan budaya. Pasangan ini berencana menghidupkan kembali budaya Betawi melalui acara-acara seperti lomba lagu dan lenong Betawi.

“Kami juga belajar dari Haji Lulung untuk selalu orisinil dan jujur apa adanya. Ini adalah nilai yang akan kami pegang teguh dalam menjalankan kampanye dan jika kami terpilih memimpin Jakarta. Jangan pernah melupakan sejarah, karena dari sejarah kita bisa mendesain masa depan yang lebih baik untuk Jakarta lima tahun ke depan,” ucap Ridwan Kamil.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More