Pelindo Latih Pelaku UMKM Tembus Pasar Global

Sabtu, 21 September 2024 - 12:25 WIB
Pelindo menggelar pelatihan Program Gedor Ekspor bagi pelaku UMKM binaan. Foto/istimewa
JAKARTA - Tingkatkan kemampuan ekspor pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah ( UMKM ) binaan, Pelindo menggelar pelatihan Program Gedor Ekspor. Pelatihan khusus ini melibatkan Pejabat Atase Perdagangan Indonesia dan Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) di enam negara.

“Pelatihan secara daring (webinar) dilaksanakan pada September hingga Oktober 2024. Kami menggandeng ITPC dan Pejabat Atase Perdagangan Indonesia di Korea Selatan, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, China, Malaysia, dan Turki, untuk memberikan wawasan kepada UMK binaan, mengenai standar ekspor dan peluang pasar di negara-negara tersebut,” kata Department Head Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pelindo, Febrianto Zenny, Sabtu (21/9/2024).

Dalam setiap sesi, para peserta mendapatkan materi langsung dari para ahli yang memahami dinamika ekspor di negara tujuan. Semua dijelaskan secara detail, mulai dari pemenuhan standar produk hingga persyaratan internasional yang harus dipenuhi.





Manajer Perencanaan dan Pengelolaan Program TJSL Pelindo Annisa Karimah menjelaskan, pihaknya juga menyediakan berbagai materi promosi digital seperti eFlyer, ePoster, dan digital background untuk mendukung para UMKM mempersiapkan strategi pemasaran yang lebih profesional.

“Pada tahap awal, kami melakukan kurasi produk secara online. Setiap UMKM diminta mengunggah spesifikasi produk, harga, serta foto produk mereka. Selanjutnya, kami melakukan evaluasi dan penilaian kesiapan ekspor,” urainya.



Produk-produk tersebut kemudian dikelompokkan ke dalam tiga kategori, yakni pemula, menengah, dan mahir, berdasarkan tingkat kesiapan UMKM di pasar internasional.

Tahap akhir dari program ini adalah kurasi final yang dilakukan oleh para Atase Perdagangan dan ITPC. Mereka akan menilai produk berdasarkan standar masing-masing negara dan memastikan bahwa produk tersebut memenuhi persyaratan teknis serta memiliki kualitas dan harga yang bisa bersaing di pasar global.

Febrianto berharap UMKM binaannya mampu melangkah menjadi pemain yang diperhitungkan di pasar ekspor dunia, sekaligus mendorongan UMKM berani menembus pasar global.

"Kami percaya bahwa UMKM memiliki potensi berkompetisi secara global. Melalui Program Gedor Ekspor, kami akan terus mendukung perkembangan UMKM binaan," ujarnya.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More