4 Fakta Mayjen TNI Rafael Granada Baay, Mantan Perisai Hidup Jokowi yang Jadi Pangdam Jaya

Rabu, 31 Juli 2024 - 12:17 WIB

3. Pernah Jadi Perisai Hidup Jokowi

Seiring waktu, karier militer Rafael kian moncer. Pada Januari 2023, dia ditunjuk menjadi Komandan Paspampres menggantikan Wahyu Hidayat Sudjatmiko.

Pengangkatan itu tertuang dalam Surat Keputusan Panglima Tentara Nasional Nomor Kep/114/I/2023 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI. Sejalan dengan tugas barunya, pangkat Rafael naik satu tingkat menjadi Mayjen TNI atau jenderal bintang 2.

Jabatan Danpaspampres ditempati Rafael kurang dari setahun. Menjelang pengujung 2023, dia yang baru ditunjuk menjadi Pangdam V/Brawijaya digantikan Mayjen Achiruddin.

4. Bukan Kali Pertama Jadi Pangdam

Baru-baru ini, Rafael dirotasi menjadi Pangdam Jaya. Pada ketentuannya, dia menggantikan Mayjen Mohamad Hasan yang diangkat sebagai Pangkostrad.

Melihat ke belakang, ini bukan kali pertama Rafael menjadi Pangdam. Tepat sebelum penunjukannya, dia sedang aktif bertugas sebagai Pangdam V/Brawijaya. Jabatan Pangdam V/Brawijaya dulu didapat Rafael pada November 2023. Waktu itu, dia mengisi posisi yang ditinggalkan Farid Makruf.
(jon)
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More