Cara Naik Bus Wisata Transjakarta untuk Kamu yang Mau Liburan Keliling Jakarta

Sabtu, 16 Desember 2023 - 06:52 WIB
Sebelum naik bus, kamu bisa bertanya kepada petugas di halte tentang rute bus yang akan kamu naiki. Hal ini penting agar kamu tidak salah naik bus. Antre sebelum naik bus juga perlu kamu lakukan ya biar tidak bikin kesal calon penumpang yang lebih dulu tiba di halte.

2. Siapkan Kartu Uang Elektronik



Kartu Uang Elektronik yang dikeluarkan bank pemerintah atau swasta bisa kamu gunakan saat akan menaiki bus. Kalau kamu mengajak keluarga atau teman, pastikan setiap orang punya Kartu Uang Elektronik sendiri ya.

Berdasarkan kebiasaan yang berlaku, kamu naik bus dari pintu depan. Di dekat pintu masuk ada alat tap on bus. Kamu bisa nge-tap dua kali, yakni tap in dan tap out sekaligus, untuk memperlancar saat naik dan turun bus. Meski wajib tap in dan tap out, jangan khawatir, saldo di Kartu Uang Elektronik kamu tidak akan terpotong.

3. Duduk di kursi bus dan nikmati perjalanan



Setelah sukses tap in dan tap out, kamu bisa langsung duduk di kursi yang telah tersedia. Karena busnya tingkat, kamu bisa memilih naik di atas atau di bawah.

Jika busnya atap terbuka, kamu yang tak kebagian duduk di kursi bagian bawah, bisa naik untuk foto-foto atau membuat video sebelum bus berjalan. Setelah itu, kamu bisa kembali ke bawah. Namun, ada juga yang memilih bertahan dan berdiri di bagian atap yang terbuka untuk merasakan sensasi naik bus atap terbuka sambil menikmati pemandangan Jakarta. Untuk kamu yang memilih berdiri di bagian atap terbuka, tetap hati-hati ya.

4. Tiba di tujuan, turun dengan tertib



Setelah tiba di halte tujuan, kamu harus turun dengan tertib dan tidak terburu-buru. Misal, kamu naik bus wisata dari IRTI Monas menuju Istiqlal. Setelah sampai Istiqlal, turunlah di halte yang telah ditentukan. Namun, jika kamu ingin terus melanjutkan perjalanan kembali ke IRTI Monas, kamu bisa tetap berada di bus.

Demikian artikel tentang cara naik bus wisata Transkarta untuk kamu yang mau keliling Jakarta. Semoga bermanfaat.
Halaman :
tulis komentar anda
Follow
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More