Fakta-fakta Museum Nasional, dari Sebuah Rumah Kini Menyimpan 140.000 Benda Bernilai Sejarah

Minggu, 17 September 2023 - 06:24 WIB
Gedung Museum Nasional yang berlokasi Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Jakarta Pusat. Foto: SINDOnews/Dok
JAKARTA - Museum Nasional atau Museum Gajah kebakaran hebat pada Sabtu (17/9/2023). Empat ruangan yang terdapat pada Gedung A luluh lantak dilahap si jago merah.



Gedung Museum Nasional berada Jalan Medan Merdeka Barat Nomor 12, Gambir, Jakarta Pusat. Museum Nasional cukup dikenal di kalangan masyarakat, khususnya warga Jakarta. Warga Jakarta juga biasa menyebutnya Gedung Gajah atau Museum Gajah. Hal ini dikarenakan di bagian halaman museum terdapat sebuah patung gajah perunggu.

Patung ini merupakan hadiah dari Raja Chulalongkorn (Rama V) dari Thailand yang pernah berkunjung ke museum pada tahun 1871. Kadang Museum Nasional juga Gedung Arca karena di dalam gedung banyak tersimpan berbagai jenis dan bentuk arca yang berasal dari berbagai periode.





Museum Nasional memiliki fakta sejarah yang menarik karena sudah berdiri ratusan tahun. Berikut sejumlah fakta Museum Nasional:

1. Bermula dari Perkumpulan yang Didirikan Pemerintah Belanda

Dikutip dari laman museumnasional, Minggu (17/9/2023), cikal bakal Museum Nasional bermula dari berdirinya perhimpunan bernama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen yang didirikan Pemerintah Belanda pada 24 April 1778. Pada masa itu tengah terjadi revolusi intelektual (the Age of Enlightenment) di Eropa, dimana orang-orang mulai mengembangkan pemikiran-pemikiran ilmiah dan ilmu pengetahuan.

Pada tahun 1752 telah terbentuk perkumpulan ilmiah Belanda bernama De Hollandsche Maatschappij der Wetenschappen. Hal ini kemudian mendorong Pemerintah Belanda di Batavia mendirikan organisasi seruoa yang diberi nama Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG).

Bataviaasch Genootschap van Kunsten en Wetenschappen (BG) didirikan untuk tujuan memajukan penetitian dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan, khususnya dalam bidang-bidang ilmu biologi, fisika, arkeologi, kesusastraan, etnologi, sejarah, serta menerbitkan hash penelitian.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More