Museum Nasional Ditutup Pascakebakaran, 80 Polisi Siaga Amankan Barang Prasejarah

Minggu, 17 September 2023 - 00:12 WIB
loading...
Museum Nasional Ditutup Pascakebakaran, 80 Polisi Siaga Amankan Barang Prasejarah
Petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api yang berkobar membakar bangunan Museum Nasional, Sabtu (16/9/2023) malam. Foto: MPI/Arif Julianto
A A A
JAKARTA - Museum Nasional yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, ditutup sampai batas waktu belum ditentukan imbas kebakaran yang terjadi Sabtu, (16/9/2023) malam. Untuk mengamankan barang-barang prasejarah, puluhan polisi disiagakan di lokasi.

"Untuk menghindari hal yang tidak kita inginkan, oleh karenanya kita akan melakukan penutupan sementara sampai nanti dinyatakan oleh pengelola sendiri bahwa tempat ini sudah bisa dibuka lagi untuk umum," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin di lokasi.


Komarudin menyebutkan sekitar 80 anggotanya sudah disiagakan di lokasi untuk mengamankan barang-barang prasejarah koleksi Museum Nasional. Pengamanan diperketat agar barang-barang berharga tersebut tidak hilang.



Diketahui, bagian museum nasional yang terbakar yakni Gedung A. Gedung A merupakan tempat penyimpanan barang-barang prasejarah.

"Satuan personel kita siapkan baik di bagian depan maupun belakang, mengingat memang kita ketahui bahwa di Gedung A banyak disimpan barang berharga, bernilai sejarah yang cukup tinggi," ucapnya.



Kata Komarudin, barang-barang prasejarah yang tersimpan di Gedung A belum dapat dievakuasi. Sebab saat ini masih upaya pendingan.

"Saat ini belum bisa dilakukan (evakuasi barang). Kondisi di dalam juga belum memungkinkan untuk bisa masuk," jelasnya.

Awak media juga tidak diperkenankan masuk ke dalam. Pantauan di lokasi tampak sejumlah mobil dan petugas damkar masih disiagakan.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)