Sejarah dan Latar Belakang Pembangunan LRT Jabodebek

Minggu, 03 September 2023 - 19:42 WIB
Kereta LRT Jabodebek mampu meluncur dengan kecepatan maksimal sekitar 90 km/jam. Terdapat dua rute LRT Jabodebek yakni lintas Bekasi sepanjang 27,3 km dan lintas Cibubur 24,3 km. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - LRT Jabodebek beroperasi sejak 28 Agustus 2023 setelah diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi). LRT dioperasikan PT KAI di mana pembangunannya melibatkan PT KAI, PT Adhi Karya, PT Len Industri, dan PT INKA.

Latar belakang pembangunan LRT di Jakarta ketika proyek Monorel di Ibu Kota mangkrak. Tujuan Monorel atau LRT sebenarnya sama yakni mengurangi kemacetan Jakarta.

Pada akhirnya, Monorel benar-benar dihentikan karena investornya tidak memenuhi persyaratan lanjutan yang ditetapkan Pemprov DKI Jakarta. Menindaklanjuti itu, pemerintah pusat mengubah Monorel dengan LRT karena lebih mudah terintegrasi dengan moda transportasi lainnya.



Peletakan batu pertama atau groundbreaking LRT Jabodebek dilakukan pada 9 September 2015 oleh Presiden Jokowi. Groundbreaking dilaksanakan dekat Stasiun TMII, Jakarta Timur.



Pada Oktober 2020, kereta LRT Jabodebek mulai diuji coba. Uji coba tersebut untuk mengecek persinyalan dan kesiapan jalur yang akan dilalui.

Kemudian, 15 November 2020 Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau sekaligus mengikuti uji coba persinyalan LRT Jabodebek. Uji coba dilakukan pada rute Stasiun TMII-Stasiun Harjamukti.

Pada Juli 2023, jadwal uji coba operasional bagi masyarakat selama satu bulan hingga dioperasikan untuk umum pada 28 Agustus 2023.

LRT Jabodebek menggunakan rangkaian kereta yang diproduksi PT INKA. Kereta LRT menggunakan lebar sepur 1.435 mm dengan sumber listrik disalurkan melalui rel ketiga. Kereta LRT memiliki panjang 17.100 mm dan lebar 2.650 mm.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More