Langkah Pemerintah Mengatasi Polusi Udara Jakarta, Nomor 2 Terkait Kendaraan Pribadi

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 06:10 WIB
Kualitas udara di Jakarta dalam beberapa pekan terakhir ini menjadi sorotan. Foto/MPI/Ilustrasi.dok
JAKARTA - Kualitas udara di Jakarta dalam beberapa pekan terakhir ini menjadi sorotan. DKI Jakarta menduduki posisi pertama sebagai kota dengan polusi udara terburuk di dunia menurut Air Quality Index (AQI) per Sabtu 12 Agustus 2023.

Pemerintah tidak tinggal diam saja terkait memburuknya kualitas udara di Jakarta dan sekitarnya. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan menteri dan kepala daerah di Jabodetabek untuk melakukan beberapa hal dalam meningkatkan kualitas udara.

Dalam jangka pendek, Jokowi memerintahkan secepatnya harus dilakukan intervensi yang bisa meningkatkan kualitas udara di Jabodetabek lebih baik.

Berikut sejumlah kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi polusi udara di Jakarta;

1. Penerapan Work From Home (WFH) untuk ASN Pemprov DKI



Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono akan menerapkan hybrid working hingga work from home (WFH) di lingkup Pemprov DKI mulai September 2023.



Langkah ini dilakukan sebagai salah satu upaya menekan angka polusi udara di Ibu Kota.

"Ini sebentar lagi diterapkan, sedang dihitung berapa persentasenya setiap OPD (Organisasi Perangkat Daerah). Mudah-mudahan September ini saya bisa langsung jalanin," ungkap Heru usai ratas dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal polusi udara di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (14/8/2023).

Heru menekankan, ASN Pemprov DKI bersifat wajib untuk menerapkan hybrid working hingga WFH. Sementara untuk perkantoran swasta sifatnya masih imbauan.

2. Kemenhub Akan Terapkan Kebijakan 4 in 1

Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More