Nama Wilayah di Jakarta Berawalan Duren, Ayo Tebak!

Jum'at, 12 Mei 2023 - 09:31 WIB
Duren sawit merupakan sebuah kecamatan yang ada di kota administrasi Jakarta Timur. Foto/Istimewa
JAKARTA - Ada beberapa daerah yang memiliki nama unik seperti menggunakan nama-nama buah. Setidaknya terdapat dua daerah di Jakarta yang menggunakan kata ‘duren’, diambil dari nama buah durian, sebagai nama depannya.

Penyematan nama buah untuk sebuah wilayah bukan lagi hal yang asing. Beberapa wilayah di Jakarta memiliki nama yang depannya terdapat kata ‘Duren’ berikut ini:

1. Duren Sawit

Duret Sawit adalah kecamatan yang berada di wilayah Jakarta Timur.

Kecamatan Duren Sawit memiliki tujuh kelurahan yang berada di naungan wilayahnya, yaitu Kelurahan Pondok Bambu, Kelurahan Pondok Kelapa, Kelurahan Pondok Kopi, Kelurahan Malaka Jaya, Kelurahan Malaka Sari, Kelurahan Klender dan Keluran Duren Sawit.





Kecamatan Duret Sawit menjadi salah satu kecamatan yang memiliki nama yang menarik karena berasal dari nama buah. Duren Sawit merupakan wilayah yang dikenal sebagai penghasil durian dan sawit.

Tetapi untuk penamaannya sendiri disebut sudah ada sejak sebelum wilayah itu menghasilkan durian dan sawit. Disebut bahwa wilayah ini dahulu merupakan perkampungan orang Jawa yang berasal dari daerah Durensawit di Pati, Jawa Tengah.

Tidak hanya Kecamatan Duren Sawit, untuk nama kelurahan yang ada di bawahnya pun penamaannya sudah ada sejak kolonial Belanda.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More