Pembangunan Stadion Bekasi Tahap Tiga Dilanjutkan

Jum'at, 24 April 2015 - 00:32 WIB
Pembangunan Stadion Bekasi Tahap Tiga Dilanjutkan
Pembangunan Stadion Bekasi Tahap Tiga Dilanjutkan
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi melanjutkan pembangunan Stadion Bekasi yang berada di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi. Pembangunan lanjutan itu akan dilakukan oleh konsorsium BUMN yakni PT Nindya Karya.

Kepala Dinas Bangunan dan Permukiman (Disbakim) Kota Bekasi, Dadang Ginanjar mengatakan, pembangunan lanjutan di tahun ini dialokasikan sebesar Rp243 miliar dari APBD Kota Bekasi 2015.

"Pembangunanya proyek multi years," ujar Dadang di Bekasi, Kamis 23 April 2015.

Menurutnya, dalam kontrak stadion berkapasitas 30 ribu tempat duduk itu rampung pada September 2016 atau 540 hari kalender sejak diteken pada 19 Maret 2015. Namun, pembangunan tahap ke tiga ini memang baru dimulai hari ini dengan pemasangan tiang pancang.

Pembangunan tahap ketiga ini, kata dia, meliputi tribun utara dan selatan yang berkapasitan 11 ribu penonton. Adapun di tribun timur dan barat mempunyai kapasitas 19 ribu penonton. Daya tampung penonton ini setara dengan stadion ‘San Siro’ di Milan, Italia.

Dadang menjelaskan, sementara soal sarana parkir di stadion, Pemkot Bekasi akan membangun gedung setinggi empat lantai. Gedung parkir itu didesain mampu menampung sekitar 400-an kendaraan roda empat.

"Gedung parkir itu akan dibangun berdekatan dengan Stadion Bekasi," ujarnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi meminta pihak ketiga untuk menyelesaikan pembangunan Stadion Bekasi sebelum September. Karena, Stadion dengan skala internasional itu akan digunakan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016 Jawa Barat yang dijadwalkan 9-23 September 2016.

"Kalau bisa secepatnya dirampungkan, kami ingin stadion ini digunakan untuk pelaksanaan PON," katanya.

Selain itu, kata dia, pembangunan Stadion ditahun ini adalah tahap akhir. Hanya saja, kedepanya masih bisa dianggarkan untuk menunjang keperluan Stadion Bekasi.

Direktur Utama PT Ninda Karya Hendra Djaya Manopol menambahkan, meski dalam kontrak selesai pada September 2016. Namun, kata dia, pihaknya menargetkan pembangunan rampung pada Juni 2016. "Kami harus hati-hati dalam mengerjakannya dan harus sempurna," tambahnya.

Sekadar diketahui, Stadion Bekasi dibangun di atas lahan 9,4 hektare, dari total lahan seluas 17,8 hektare di kawasan GOR Bekasi. Dengan nilai anggaran dari APBD Pemkot Bekasi dan Pemprov Jabar sebesar Rp450 miliar.

Pembangunan tahap awal dimulai 2011 dengan pemasangan tiang pancang. Anggaran tahap awal sebesar Rp90 miliar yang berasal dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat sekitar Rp50 miliar dan APBD Kota Bekasi Rp40 miliar.

Sedangkan, untuk pembangunan lapangan dikucurkan sebesar Rp8,5 miliar lebih dengan system drainase canggih dan rumput Bermuda.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4233 seconds (0.1#10.140)