16 Sekolah di Depok Siap Gelar UN Berbasis Komputer

Senin, 06 April 2015 - 06:42 WIB
16 Sekolah di Depok Siap Gelar UN Berbasis Komputer
16 Sekolah di Depok Siap Gelar UN Berbasis Komputer
A A A
JAKARTA - Sebanyak 16 sekolah SMA dan sederajat di Kota Depok siap untuk melaksanakan Ujian Nasional (UN) berbasis komputer atau computer based test (CBT).

Dari segi fasilitas dan sarana prasarana penunjang, sedikitnya ada enam sekolah negeri dan 10 sekolah swasta di Depok yang siap menggelar UN CBT.

"Sesuai rekomendasi tim verifikasi yang lolos ada 16 sekolah yang dinyatakan siap. Ada juga yang tidak lolos penilaian karena dianggap belum siap. Sekolah yang ikut UN CBT yakni SMAN 1, 2, 3, 6, 9 dan SMK 2 serta SMA sederajat swasta ada 10 sekolah," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok Hery Pansila, Minggu 5 April 2015.

Hery mengklaim Depok merupakan sekolah terbanyak yang paling siap menggelar UN CBT. "Depok total 16 sekolah. Itu jumlahnya terbanyak atau tertinggi se-Jawa Barat," ungkapnya.

Siswa SMAN 1, Tsabita mengatakan keunggulan UN CBT jauh lebih efektif dari segi menghemat waktu. Namun dia mengaku masih harus banyak latihan melaksanakan UN CBT agar tidak kesulitan saat pelaksanaan.

"Memang lebih cepat dari segi waktu enggak harus pakai kertas. Tetapi bikin lebih grogi takut salah klik atau ada kesalahan teknis. Belum lagi kalau misalnya dapat waktu agak siang jadi lebih ngantuk karena lihat layar komputer selama dua jam," tuturnya.

Siswa lainnya, Al Fauzan mengatakan khusus saat pelajaran matematika, guru akan tetap memberikan kertas kosong bagi siswa untuk menghitung.

Dia menuturkan menggunakan komputer juga meminimalisasi terjadinya aksi contek atau kebocoran soal.

"Mana bisa tengok sana sini, di tiap-tiap layar komputer siswa soalnya berbeda. Enaknya enggak buang waktu seperti pakai kertas," tuturnya.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3582 seconds (0.1#10.140)