Cerita Harimau Putih Penjaga Makam Pangeran Kuningan

Minggu, 05 April 2015 - 06:21 WIB
Cerita Harimau Putih Penjaga Makam Pangeran Kuningan
Cerita Harimau Putih Penjaga Makam Pangeran Kuningan
A A A
MAKAM keramat Pangeran Kuningan yang ada di Gedung Telkom Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan itu kabarnya dijaga mahluk halus berupa harimau putih.

Satpam Gedung Telkom, Septian (20) menjelaskan, makam keramat Pangeran Kuningan sejatinya memiliki berbagai macam tujuan.

Pada saat ziarah di tiap malam Jumat misalnya, Ada saja yang membawa sesajen ke makam keramat tersebut. Ada juga peziarah yang menaruh uang di makam tersebut.

"Tidak tahu maksudnya apa, tapi ada yang taruh uang di makam itu," terangnya saat berbincang dengan Sindonews di Gedung Telkon Landmark Tower, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Ramainya peziarah, lanjuta Septian biasanya terjadi pada malam satu suro. Namun pada hari biasa ada saja yang datang dan membawa sesajen dan kue.

Menurut Tian, umumnya, para peziarah yang datang merupakan ahli waris atau keturunan dari Pangeran Kuningan. Namun, tak jarang orang dari luar garis keturunan pun melakukan ziarah, baik untuk mendoakan Pangeran maupun untuk meminta sesuatu yang mustahil.

"Banyakan keturunannya yang ziarah, itu mereka selalu mendoakan Pangeran, dia ngajiin di depan batu nisannya. Tapi, kadang ada juga yang aneh-aneh," terangnya.

Disamping itu, ada juga wanita-wanita seksi yang berziarah. "Kalau wanita seksi ini minta biar makin cantik," terangnya.

"Kami tahu, karena tiap ada peziarah itu memang harus di kawal sama petugas, takut ada apa-apa," tuturnya.

Sejalan dengan Tian, Satpam lainnya, yakni Aris (46) menjelaskan, sejatinya, dia kerap melarang para peziarah untuk datang melakukan hal yang musyrik. Apalagi Pangeran Kuningan di percaya sebagai salah satu tokoh penyiar agama di Kuningan, Jakarta. Dia pun di anggap sebagai salah satu pahlawan kota Jakarta pada masanya.

"Kalau peziarah datang terus minta macem-macem, itu sama saja dengan tidak menghormati beliau. Tapi, kalau ahli waris, setahu saya selalu mendoakan beliau, khususnya di satu suro dan menjelang bulan puasa," terangnya.

Masih kata Satpam Gedung Telkom Landmark Tower, Septian mengungkapkan, selain memiliki nilai kesejarahan yang tinggi dan keramat, makam tersebut juga angker pula. Pasalnya, masyarakat meyakini kalau makam tersebut di jaga oleh makhluk gaib berupa harimau putih

"Orang-orang bilang kalau makam Pangeran ini di jaga harimau. Peziarah sering mendengar ada suara-suara auman harimau kalau berziarah di makam. Ada juga yang ngeliat penampakan wanita berkebaya putih yang juga ikut menjaga makam tersebut, cuma ga ada yang tahu itu siapa," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3269 seconds (0.1#10.140)