Datangkan Bus Baru, Headway Bus Transjakarta 12 Menit

Kamis, 19 Februari 2015 - 00:22 WIB
Datangkan Bus Baru, Headway Bus Transjakarta 12 Menit
Datangkan Bus Baru, Headway Bus Transjakarta 12 Menit
A A A
JAKARTA - PT Transportasi Jakarta akan mendatangkan ratusan bus pada Juni mendatang. Ratusan bus ini didatangkan sebagai langkah awal dalam mengetas kepadatan arus lalu lintas di Jakarta.

Dengan kedatangan ratusan bus tersebut jarak setiap bus (headway) di setiap koridor dipercepat hingga 20%. Dirut PT Transportasi Jakarta Antonius NS Kosasih mengatakan, sesuai kesepakatan antara operator yang berada di bawah PT Transportasi Jakarta, pihaknya optimis jika pada Juni mendatang sedikitnya ada 129 unit bus Transjakarta plus 200 unit Kopaja dan 193 Angkutan Perbatasan Terintegrasi Busway (APTB) akan datang.

"Dengan kedatangan bus tersebut, headway bus akan turun 20% dari yang biasanya 15-30 menit menjadi 12-24 menit," kata Antonius Kosasih di Balai Kota, Rabu (18/2/2015). Kosasih menjelaskan, dari 129 bus Transjakarta, 51 di antaranya adalah bus gandeng yang nantinya akan dibeli sendiri oleh PT Transportasi Jakarta melalui Unit Lelang Pengadaan (ULP) Barang dan Jasa DKI Jakarta merek Scania.

Menurutnya, pengadaan bus tahun ini akan berjalan dengan mulus lantaran semua perusahaan bus sudah masuk dalam sistem e-katalog. Dengan begitu, kata Kosasih, sistem transportasi di Jakarta tahun ini akan menjadi jauh lebih baik dan dapat menjalankan kebijakan pembatasan kendaraan secara efektif.

‎"‎Penambahan armada ini juga bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan masyarakat agar berpindah ke transportasi massal dan meninggalkan kendaraan pribadinya," ungkapnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5961 seconds (0.1#10.140)