DKI Akan Gelar Festival Lampion di Lapangan Banteng

Sabtu, 06 Desember 2014 - 20:23 WIB
DKI Akan Gelar Festival Lampion di Lapangan Banteng
DKI Akan Gelar Festival Lampion di Lapangan Banteng
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta akan menggelar festival lampion di Taman Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. Sebanyak 2.851 lampion (lantern) akan tampil dalam ajang Jakarta Lantren Festival tersebut.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Arie Budhiman mengatakan, event Jakarta Lantern Festival yang akan digelar pada 12-14 Desember mendatang merupakan yang pertama digelar oleh Pemprov DKI.

Even ini terinsipirasi festival serupa di kota-kota besar dunia seperti, Seoul Lantern Festival, Yuan Xia Festival, Auckland Chinese Lantern Festival di Selandia Baru dan Spring Lantern Festival di Hong Kong.

Jakarta sebagai Ibu Kota Negara dan kota metropolitan ingin mensejajarkan posisinya dengan kota-kota besar dunia. Untuk itu, lanjut Arie, perlu menciptakan even kreatif popular tetapi tetap mengedepankan budaya lokal sebagai basic pengembangan seni kreatifitas dalam karya lampion yang ditampilkan.

"Festival ini akan menampilkan lebih dari 2.851 buah lampion. Terdiri dari 2.700 lampion gantung, 105 lampion dekorasi serta 46 lampion raksasa dalam berbagai bentuk seperti, naga, ondel-ondel, Taj Mahal," ungkap Arie dalam rilisnya kepada Sindonews, Sabtu (5/12/2014).

Arie berharap even ini diharapkan akan memacu kreatifitas para seniman dan industri kreatif untuk mampu mengangkat kekuatan budaya yang beragam dalam karya dan memperkaya festival-festival di Ibu Kota.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6729 seconds (0.1#10.140)