Cerita Raja Menur Penjaga Makam Pangeran Wiraguna

Minggu, 16 November 2014 - 02:39 WIB
Cerita Raja Menur Penjaga Makam Pangeran Wiraguna
Cerita Raja Menur Penjaga Makam Pangeran Wiraguna
A A A
JAKARTA - Disamping sejarah tentang penamaan Ragunan, ternyata dibalik sosok Pangeran Wiraguna tak lepas dari nama Raja Menur. Raja Menur ini merupakan pengawal setia Pangeran Wiraguna.

Berdasarkan cerita turun temurun warga Kampung Pekayon, Kelurahan Ragunan, Pasar Minggu Jaksel, dimana makam Pangeran Wiraguna berada, dulunya Raja Menur setia mendampingi Pangeran Wiraguna selama tinggal di lokasi tersebut.

Menurut Rokip (56) Warga asli RT 05/03, Kampung pekayon, Kelurahan Ragunan, Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rokip (56), berdasarkan cerita turun temurun yang diterima dari almarhum ayahnya, saat singgah di Ragunan terdapat seorang pengawal yang menemani Pangeran Wiragunan.

"Raja Menur merupakan sosok gagah perkasa yang biasa mengawal Pangeran Wiraguna di kawasan Ragunan," katanya kepada Sindonews.

Raja Menur ini memiliki dua kuda yang masing-masing memiliki fungsi berbeda. Menur yang biasa menggunakan sorban dan jubah putih ini kerap menunggang kuda berwarna putih.

Sedangkan kuda hitam satunya lagi, digunakan Raja Menur untuk mengangkut jenazah tentara Belanda atau antek-antek Belanda yang berhasil dibunuhnya.

Tugas utama Raja Menur disini adalah menjaga kawasan tempat tinggal Pangeran Wiraguna dari komplotan penyamun, tentara, atau mata-mata yang di kirim Belanda.

"Karena ketahuan, sama Raja Menur itu dihabisi dan mayatnya di bawa entah kemana. Entah di buang atau di kemanain, saya juga ga tahu. Yang jelas, kalo kuda hitamnya itu memang disiapkan untuk hal-hal seperti itu," tuturnya.

Rokip mengatakan, setelah wafatnya Pangeran Wiraguna, pengawal yang berjuluk Raja Menur pun menetap di Ragunan. Hanya saja, dia dan orang tuanya tidak mengetahui secara pasti tempat Raja Menur menetap.

Rokip sendiri meyakini, karena tugas utama Raja Menur menjaga tempat tinggal Pangeran Wiraguna di Ragunan, hingga saat Raja Menur meninggal, secara kasat mata Raja Menur seperti masih terikat dengan tugasnya itu.

"Saya sendiri tidak tau pastinya Raja Menur itu wafat di mana. Tapi, kalau berdasarkan pengalaman yang saya alami sendiri. Raja Menur itu masih menjaga makam Pangeran Wiraguna hingga kini. Dia sendiri berpesan pada saya melalui mimpi kalau saya diminta menjaga kawasan makam Pangeran Wiraguna," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7575 seconds (0.1#10.140)