Ahok Klaim Dana Siluman 2014 Berkurang

Sabtu, 08 November 2014 - 18:15 WIB
Ahok Klaim Dana Siluman 2014 Berkurang
Ahok Klaim Dana Siluman 2014 Berkurang
A A A
JAKARTA - Plt Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengkalim dana siluman pada 2014 ini berkurang dari tahun sebelumnya.

Ditemui usai mengantar Presiden Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma Ahok mengakui bahwa memang ada dana siluman di anggaran APBD baik tahun 2013 maupun 2014.

"Itu (dana siluman) dari tahun lalu juga ketemu. Berkurang ketemunya tahun ini," ujar Ahok kepada wartawan Sabtu (8/11/2014).

Menurut Ahok, pada anggaran 2015 penerapan sistem e-budgeting akan membuat anggaran siluman tidak akan ada lagi di laporan BPK, BPKP atau badan lainnya.

"Tahun depan kita harapakan e-budgeting akan berkurang habis (anggaran siluman), enggak ada lagi," ujarnya.

Menurut Ahok, meski banyak dana siluman. Namun dana itu tidak kemana-mana atau tidak digelontorkan ke pos-pos anggaran lainnya.

"Kayak dinas kesehatan masa tiba-tiba ada beli barang pemadam kebakaran, hubungannya apa dinas kesehatan beli barang pemadam kebakaran. Tiba-tiba muncul. Ya sudah kepala dinasnya tidak mengeluarkan uang itu (untuk beli alat pemadam kebakaran)," jelas suami dari Veronika Tan tersebut.

Menurut Ahok, munculnya dana siluman atau dana fiktif karena banyak SKPD yang tak ingin belanja di dinas dimasukkan dalam e-budgeting.

"Ada sebagian SKPD yang masih ngotot tidak mau masukkan (belanja) ke e-budgeting. Kalau dimasukkan ketahuan kan siapa yang ubah misalnya. Jadi, saya enggak heran anggaran 2014 banyak
yang menolak e-budgeting. Nah, 2015 enggak ada yang kayak begini lagi," tukasnya.

Ahok mengancam, kepala dinas yang enggan memasukkan anggaran belanja ke sistem e-budgeting akan di nonjob-kan dari jabatannya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7033 seconds (0.1#10.140)