Kabupaten Tangerang Mau 'Caplok' Pulau Bidadari

Jum'at, 26 September 2014 - 15:07 WIB
Kabupaten Tangerang Mau Caplok Pulau Bidadari
Kabupaten Tangerang Mau 'Caplok' Pulau Bidadari
A A A
TANGERANG - Pemkab Tangerang mendesak agar ada batas laut jelas dengan DKI. Pasalnya, Pulau Bidadari, Untung Jawa dan sejumlah pulau lainnya dinilai lebih dekat ke Tangerang.

Menurut Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar, beberapa pulau di Kabupaten Kepulauan Seribu lebih dekat ke Tangerang daripada ke DKI. (Baca juga: Bandara Soetta Kini Masuk Wilayah Kabupaten Tangerang)

Beberapa pulau itu, kata Zaki dapat ditempuh hanya sekitar 10 menit dari Pantai Dadap, Kosambi.

“Pulau Bidadari, Pulau Untung Jawa dan ada lagi pulau lainnya lebih dekat kan dari sini (Tangerang), cuma butuh waktu beberapa menit saja. Tetapi masuknya DKI, kami kepengin sebelum direklamasi (bangun tujuh pulau), batas wilayah kelautan harus jelas dulu,” ujar Zaki saat memantau perairan Pantai Dadap, Kamis 25 September 2014 kemarin.

Menurut Zaki, buah pemikiran batas wilayah tersebut jangan disalahartikan bahwa Kabupaten Tangerang akan merebut pulau-pulau tersebut dari DKI Jakarta.

“Tidak ada rebut-merebut, kami inginkan kepastian batas wilayah agar jelas,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, Pemkab Tangerang rencananya akan mereklamasi pantai Dadap dengan membangun tujuh pulau buatan.

Saat ini, Pemkab Tangerang sedang mendorong kementerian Kelautan dan Perikanan memberikan izin rencana tersebut. Sebelum terealisasi, Pemkab Tangerang mendesak agar ada batasan laut jelas dengan DKI Jakarta.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4501 seconds (0.1#10.140)