Jembatan KBT Longsor Mulai Diperbaiki

Selasa, 16 September 2014 - 22:55 WIB
Jembatan KBT Longsor Mulai Diperbaiki
Jembatan KBT Longsor Mulai Diperbaiki
A A A
JAKARTA - Jembatan KBT di Jalan Kelurahan 1, Duren Sawit, Jakarta Timur, yang terancam longsor mulai diperbaiki. Unit Pelayanan Teknis (UPT) KBT menargetkan, perbaikan jembatan longsor ini memakan waktu lima hari ke depan.

Kasie Pengawasan dan Pengendalian UPT KBT Mustajab mengatakan, longsor terjadi diduga akibat kondisi tanah yang labil. Kemudian susunan batu yang dipasang di ujung jembatan dan turap KBT ini ukurannya kecil-kecil, sehingga mudah bergeser.

"Masalahnya itu kemarin susunan batunya kecil-kecil, sehingga batu itu mudah runtuh. Makanya sekarang diganti dengan batu kali ukuran besar, sekira 30-40 sentimeter, agar lebih kokoh dan tidak mudah runtuh," kata Mustajab kepada wartawan di Jakarta, Selasa (16/9/2014).

Kemudian, kata dia, jika perbaikan longsoran sudah rampung, pinggir jalan inspeksi akan dipasangi pagar BRC sepanjang sekira 10 meter. Karena, di kawasan ini banyak PKL yang menggelar lapaknya.

Selain memperbaiki longsoran di Duren Sawit, pihaknya juga tengah menimbun lubang menganga di kawasan KBT di Ujung Menteng, Cakung. Bagian turap KBT ini rusak dan menimbulkan lubang sepanjang tujug meter dengan kedalaman 40 sentimeter.

Jika dibiarkan maka dikhawatirkan lubang tersebut akan terus melebar ke bagian lainnya.

"Lubang ini muncul karena banyaknya air genangan hujan di jalan inspeksi. Kemudian air genangan ini menumpuk di tali-tali air hingga menimbulkan longsoran di turap KBT. Padahal, turap ini baru ditimbun pada 2010 lalu," ujarnya.

Pantauan di lokasi, sedikitnya lima pekerja tengah memperbaiki bagian ujung jembatan yang longsor sepanjang kurang lebih empat meter. Dengan menggunakan peralatan sederhana seperti cangkul, garpu dan linggis, pekerja ini memperbaiki bagian jembatan KBT yang longsor.

Batu-batu kali berukuran 20 sentimeter pun dikeluarkan dan diganti menggunakan batu kali ukuran 30-40 sentimeter. Seluruh batu besar dipasang kembali dan diperkuat dengan adukan semen dan pasir.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6209 seconds (0.1#10.140)