Penerapan Kurikulum 2013, Guru Dapat Pembekalan

Senin, 15 September 2014 - 00:58 WIB
Penerapan Kurikulum 2013, Guru Dapat Pembekalan
Penerapan Kurikulum 2013, Guru Dapat Pembekalan
A A A
DEPOK - Puluhan guru mendapatkan pembekalan guna menerapkan Kurikulum 2013. Pembekalan itu agar guru mampu memberikan pelajaran para peserta didik.

Karena, dalam kurikulum baru, guru diminta lebih aktif dan kreatif dalam memberikan materi sehingga tidak hanya textbook saja.

"Tentunya kami ingin agar guru tidak kesulitan dalam memberikan materi pada murid. Dengan pembekalan ini maka para guru menjadi kreatif, produktif dan inovatif melalui sikap, keterampilan dan pengetahuan," kata Kepala Sekolah SMP Nusa Bhakti Mahrudin di Depok, Minggu (14/9/2014).

Selain itu, guru juga harus menganalisis jumlah mata pelajaran (mapel) kedalaman materi sesuai dengan tingkatan pendidikan atau perkembangan peserta didik dan tujuan yang dicapai.

"Kita ingin meningkatkan pemberdayaan guru se-Kecamatan Sawangan dan sekitarnya dalam rangka mendukung hadirnya kurikulum 2013. Kemudian kurikulum 2013 ini memerlukan keahlian guru yang kreatif dan inovatif," tukasnya.

Dikatakan Mahrudin, guru, pengawas, dan kepala sekolah yang kompeten menjadi variabel terikat suksesnya implementasi kurikulum 2013. Melalui pelatihan, diharapkan pola pengajaran guru bisa berubah sesuai dengan kurikulum baru, yakni menerapkan metode baru tematik integratif dalam mengajar dan mengutamakan aktivitas siswa.

"Beberapa pembekalan yang diberikan antara lain program smart notebook, serta pengetahuan materi Auto play," katanya.

Muhamad Kurniawan, salah seorang guru menuturkan, sangat terbantu dengan adanya pembekalan seperti ini. Dirinya bisa mendapatkan ilmu untuk mengajarkan materi pada anak didiknya.

"Kami jadi bisa memiliki banyak pengetahuan untuk memberikan materi pada anak-anak. Mungkin ada baiknya pelatihan ini lebih sering digelar," harapnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8140 seconds (0.1#10.140)