Ini Ciri-ciri Baby Daycare Tidak Ramah Anak

Sabtu, 06 September 2014 - 12:49 WIB
Ini Ciri-ciri Baby Daycare Tidak Ramah Anak
Ini Ciri-ciri Baby Daycare Tidak Ramah Anak
A A A
JAKARTA - Orang tua yang hendak menitipkan anaknya di tempat penitipan anak atau daycare hendaknya memerhatikan beberapa faktor.

Komisioner Komisi Perlindungan Anak Susanto mengatakan, ada beberapa faktor yang harus diperhatikan orang tua saat menitipkan anaknya di baby daycare.

"Semua daycare pada dasarnya baik, tapi biar bagaimanapun orang tua harus memerhatikan fasilitas dan lokasi daycare tersebut," kata Susanto melalui pesan yang diterima Sindonews, Sabtu (6/9/2014).

Sebisa mungkin, lanjut Susanto, jangan menitipkan anak di baby daycare yang lokasinya di pinggir jalan dan tanpa pagar pengaman.

"Arena bermain sempit dan tidak dilengkapi perangkat pengaman. Rasio pengasuh dengan anak yang tidak rasional. Misalnya satu pengasuh memegang sepuluh anak," terangnya.

Perhatikan pula, kata Susanto, skill pengasuh, apakah memiliki skill komunikasi yang berkarakter. Teknik pengasuhan juga harus dilihat, serta penyediaan makanan serta pola hidup bersih dan sehat diterapkan tidak di baby daycare tersebut.

"Lihat jadwal pengasuhnya, apakah overtime. Sebab kalau bisa mengakibatkan pengasuh badmood dan anak jadi tidak terurus dengan baik," terangnya.

Susanto mengingatkan, harus ada komunikasi yang dilakukan baby daycare terkait perkembangan anak dan kejadian yang dialami di daycare.

"Kami mengimbau kepada masyarakat luas agar jeli dan hati-hati dalam memilih daycare," terangnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8329 seconds (0.1#10.140)