Taman di Jakbar Kondisinya Memprihatinkan

Kamis, 04 September 2014 - 23:50 WIB
Taman di Jakbar Kondisinya...
Taman di Jakbar Kondisinya Memprihatinkan
A A A
JAKARTA - Sejumlah taman di Jakarta Barat kondisinya memprihatinkan, bahkan ada jalur hijau yang berubah fungsi.

Pantauan SINDO, taman yang berupa jalur hijau kondisinya memprihatinkan terlihat di sepanjang jalan TB Angke, Grogol, Petamburan; Jalan Pedongkelan sisi kali Cengkareng Drain, Cengkareng; Jalan lingkar luar Cengkareng, Jembatan Besi sisi kali Kanal Banjir Barat (KBB), Jalan Daan Mogot dan Jalan Latumenten dari Lampu merah Grogol sampai jembatan besi.

Rumputnya yang hijau menjadi cokelat terbakar matahari, begitu juga dengan pohon lindungnya. Tanah sebagai lapisan dasar jalur hijau tersebut terkelupas dan tak jarang ketika hujan berubah seperti kubangan kerbau.

Bahkan, ada beberapa jalur hijau seperti di Jalan Daan Mogot beralihfungsi terkena peninggian dan pelebaran jalan.

Kasie Jalur Hijau Suku Dinas Pertamanan Jakarta Barat, Kadirun membenarkan kondisi jalur hijau tersebut. Bahkan sekitar 200 taman yang ada menurutnya juga mengalami hal demikian.

Ia mengakui jika sepanjang tahun ini belummmelakukan penataan dan perbaikan. Sebab, biaya untuk penataan dan perbaikannya masih sedang dalam proses lelang di Unit Lelang Pengadaan Barang dan Jasa (ULP) DKI.

“Untuk jalur hijau yang hilang ada sekitar 20 persen dari total sekitar 100 jalur. Sebab, jalur hijau itu didalamnya banyak dipengaruhi oleh sejumlah kepentingan, baik pelebaran jalan, normalisasi kali ataupun penerangan jalan umum,” kata Kadirun saat ditemui di Pemkot Jakbar, Kamis (4/9/2014).

Kadirun menjelaskan, sepanjang tahun ini ada 16 kegiatan dengan anggaran sekitar Rp 20 Miliar untuk perbaikan dan penataan RTH baik taman, jalur hijau dan Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Teknisnya, selain mengganti sejumlah tanaman yang rusak, pihaknya juga akan memasang pagar jalur hijau yang rusak serta membuat bak tanaman untuk jalur hijau yang kerap terkena banjir.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7315 seconds (0.1#10.140)