Pembangunan Pasar Senen Dahulukan Kawasan Parkir

Rabu, 03 September 2014 - 01:28 WIB
Pembangunan Pasar Senen Dahulukan Kawasan Parkir
Pembangunan Pasar Senen Dahulukan Kawasan Parkir
A A A
JAKARTA - Pembangunan Pasar Senen Blok III yang terbakar Jumat 25 April 2014 akan difokuskan pada kawasan parkir dahulu. Proyek ini ditargetkan selesai pada akhir tahun 2015.

"Kita selesaikan kawasan parkir dahulu agar jalanan bisa berfungsi sebagaimana mestinya," kata Direktur Utama PD Pasar Jaya, Djangga Lubis di Jakarta, Selasa 2 September 2014.

Penyelesaian kawasan parkir ini ditargetkan selesai dua bulan ke depan. Selanjut, kata dia, pedagang yang saat ini ada di Blok V akan dikembalikan ke lokasi parkir Blok III.

Setelah lokasi parkir sudah diperbaiki, selanjutnya pembangunan gedung tiga lantai. Lantai paling bawah akan diisi oleh pedagang basah, sayuran, daging dan buah buahan.

Lantai dua akan diisi pedagang pakaian. Kemudian, lantai tiga akan dipergunakan bagi para pedagang aksesoris. "Nantinya akan ada tiga lantai untuk 3.096 pedagang," ujarnya.

Pembangunan yang menghabiskan anggaran sebesar Rp300 miliar ini akan terkoneksi dengan terminal dan stasiun, hingga apartemen.

"Yang pasti ke depan kawasan Senen menjadi kawasan komersil, untuk itu desain yang ada saat ini cukup futuristik," ujarnya.

Sementara itu, Warson Aritonang, salah seorang pedagang pakaian dan sepatu di Blok III berharap pembangunan pasar Blok III lebih cepat selesai.

Namun dia mengingatkan, agar PD Pasar Jaya bisa menginventarisir para pedagang Blok III. "Jangan sampai pedagang lama tidak mendapatkan kios," tuturnya.

Sebelum kebakaran, menurut Warson, sebenarnya masih ada perbedaan pendapat dari pedagang mengenai pembangunan. Namun setelah kebakaran, otomatis semua pedagang setuju untuk dibangun.

Mengenai peruntukan, semoga PD Pasar Jaya bisa memberikan regulasi yang jelas.

"Kita harap peruntukkannya sesuai dengan barang dagangan. (Pedagang) sayuran di bawah, karena jika di atas tentu penjual tekstil akan keberatan sebab akan becek," ujarnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3328 seconds (0.1#10.140)