Udar Beberkan Kenapa Bus Transjakarta Kerap Terbakar

Senin, 01 September 2014 - 15:20 WIB
Udar Beberkan Kenapa Bus Transjakarta Kerap Terbakar
Udar Beberkan Kenapa Bus Transjakarta Kerap Terbakar
A A A
JAKARTA - Mantan Kepala Dishub DKI, Udar Pristono mengakui kalau perawatan bus Transjakarta BBG cukup sulit.

Udar menegaskan, langkah Pemprov DKI menyikapi kasus terbakarnya bus Transjakarta sudah cukup tepat.

"Langkah Pemprov untuk memeriksa kondisi bus Transjakarta sudah tepat karena bisa mengetahui inti masalahnya," kata Udar saat ditemui di kantor kuasa hukum Eggi Sudjana and Partner di Jalan Tanah Abang III, Jakarta Pusat, Senin (1/9/2014).

Pemeriksaan tersebut menurut Udar penting untuk mengetahui apa penyebab dan siapa yang bertanggung jawab.

"Jika hasil pemeriksaan menunjukkan kualitas bus yang dari awal bermasalah itu urusan vendor atau penjualnya, Pemprov sebagai pembeli bisa mengklaim kepada vendornya," terang Udar.

Sebaliknya, lanjut Udar, jika ternyata itu bermasalah pada perawatan, maka bagian perawatannya yang patut bertanggung jawab.

Mengenai perawatan, Udar mengingatkan bahwa perawatan bus BBG itu tidak mudah.

"Merawat bus berbahan bakar gas itu tidak mudah, deponya harus bersertifikat dan teknisinya juga. Tempatnya juga harus aman dan tertutup. Jadi tidak semudah merawat bus berbahan bakar solar," tambah Udar.

Bisa dibayangkan betapa pentingnya perawatan pada bus ini. Dari bulan Januari 2014 -Agustus 2014 bus ini beroperasi. Dalam sehari bisa beberapa kali beroperasi.

"Kontur jalan yang dilalui kadang tidak rata cukup berbahaya bagi bus berbahan BBG, belum lagi harus membelah kemacetan ibukota. Ini harus selalu terpantau agar tidak terjadi overheating," tandas Udar.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1221 seconds (0.1#10.140)