Bus Buatan PT Inka Memang Berkualitas Buruk

Minggu, 10 Agustus 2014 - 16:19 WIB
Bus Buatan PT Inka Memang Berkualitas Buruk
Bus Buatan PT Inka Memang Berkualitas Buruk
A A A
JAKARTA - Bus Transjakarta yang terbelah di Koridor XI Kamis 7 Agustus lalu diketahui diproduksi oleh PT Inka. Bus buatan pabrikan dalam negeri itu memang memiliki kualitas yang terbilang buruk.

"Ya memang kualitasnya buruk. Untungnya selama ini perawatannya bagus. Kalau tidak, mungkin kerusakan sudah terjadi sejak lama," kata Pakar Transportasi Dharmaningtyas saat dihubungi, Minggu (10/8/2014).

Selama ini memang diketahuinya bus-bus rakitan PT Inka memang banyak dioperasikan untuk Bus Transjakarta. Bus-bus tersebut masih dapat terus digunakan lantaran pihak Damri selaku operator melakukan perawatan dan pemeliharaan yang cukup baik dan dilakukan secara berkala.

Saat ini ada sejumlah pihak yang menjadi operator Bus TransJakarta. Untuk penyetaraan kualitas armada, sudah ditetapkan standard pelayanan minimum (SPM) atas setiap bus yang akan dioperasikan.

"Nah saat ini memang standardnya belum maksimal. Tapi tahun depan, setelah UPT diubah menjadi PT (Perseroan Terbatas), standar pelayanannya akan ditingkatkan. Ya lebih baiklah dari sekarang," jelasnya.

Meski menyebut kualitas produksi PT Inka sangat buru, Darmaningtyas tidak menampik kemungkinan patahnya baut penghubung bus tersebut juga disebabkan kondisi jalan yang rusak.
(hyk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4239 seconds (0.1#10.140)