Warga Inisiatif Perbaiki Jalan dengan Puing

Kamis, 10 Juli 2014 - 17:23 WIB
Warga Inisiatif Perbaiki Jalan dengan Puing
Warga Inisiatif Perbaiki Jalan dengan Puing
A A A
JAKARTA - Jalan Jelambar Utama Raya dan Jelambar Utama I, Grogol Petamburan, Jakarta Barat, mengalami kerusakan parah. Akibatnya, sejumlah warga berinisiatif untuk menambalnya dengan puing bangunan.

Penambalan jalan dengan puing di kawasan rumah kantor (rukan) dan toko (ruko) tersebut justru membuat ketinggian aspal tidak merata dan bergelombang. Bahkan ketika hujan, tak sedikit genangan air yang muncul tertahan di badan jalan, hingga kondisi jalan menjadi berlumpur tak ubahnya kubangan kerbau.

Ketua RT07/04 Jelambar Linda mengatakan, kondisi jalan tersebut sudah terjadi sejak tahun lalu. Menurutnya, penambalan menggunakan puing bangunan itu merupakan inisiatif warga. Padahal, penambalan tersebut justru membuat lingkungan semakin rusak.

"Kami sudah menyarankan agar warga lebih bersabar, tapi warga tetap memaksa, hasilnya ya seperti ini jalan semakin rusak," katanya ketika ditemui di rumahnya di Jalan Jelambar Utama I, Kamis (10/7/2014).

Linda menjelaskan, selain karena kualitas aspal yang tidak bagus, rusaknya jalan lingkungan di tempat tinggalnya tersebut lantaran tidak berfungsinya saluran air. Sehingga, ketika hujan tiba, kawasan Jelambar kerap tergenang dan merusak aspal.

Penyebab utamanya, kata Linda, akibat banyak berdirinya kios dan rumah warga yang banyak menjorok ke depan dan menutup saluran air yang ada.

"Kami sudah ajukan surat usulan perbaikan ke kecamatan hingga Suku Dinas terkait. Katanya akan dikerjalan April lalu, tapi nyatanya sampai Juli ini belum ada," tegasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5781 seconds (0.1#10.140)