IMB Online Masih Banyak Masalah

Jum'at, 27 Juni 2014 - 17:46 WIB
IMB Online Masih Banyak Masalah
IMB Online Masih Banyak Masalah
A A A
JAKARTA - Kepengurusan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) melalui Via Internet (online) yang diberlakukan sejak Februari 2014 masih mengalami kendala. Salah satunya masih lemahnya akses internet tersebut.

Kasudin Perizinan Pembangunan Jakarta Barat Andro Siregar mengatakan, sejak dibuka pendaftaran online untuk mengurus IMB pada 15 Februari lalu, pihaknya baru mengeluarkan 565 IMB dari 1.263 permohonan yang masuk. Artinya, masih banyak IMB yang belum bisa dikeluarkan lantaran akses internetnya masih belum lancar.

"Kalau internetnya lancar seminggu juga sudah beres," kata Andro Siregar di lingkungan Pemerintah Kota Jakarta Barat, Jumat (27/6/2014).

Andro menjelaskan, selain akes internet yang masih belum cepat dan lancar, penggunaan tekhnologi masyarakat juga masih minim. sehingga masih banyak berkas yang tertahan di tangan pemohon.

Misalnya, planing gambar yang di scan tidak jelas batas garis bangunannya. Di sini, pihak perizinan yang sebelumnya bisa langsung menyuruh pemohon untuk merubah, dengan oline ini, pihak perizinan harus mengembalikannya ke pemohon melalui online. Akibat kurangnya pengetahuan tekhnologi, dalam waktu satu-dua bulan, gambar tersebut tidak dikembalikan. Akibatnya, izin baru keluar setelah tiga bulan.

"Online ini kan melibatkan tiga objek, pemohon, perizinan dan pengawasan penertiban bangunan. Kalau manual dahulu hanya dua, perizinan dan pengawasan saja. Pemohon bisa langsung tatap muka untuk merevisi kesalahannya," terang dia.

Kendati demikian, Andor menegaskan, praktik percaloan yang marak terjadi di perizinan dan pengawasan semakin berkurang dengan adanya sistem online ini. Sebab, pemohon dengan pejabat tidak bisa bertatap muka.

"Percaloan saat ini terjadi di jasa online. Kami berharap pemohon lebih baik menggunakan jasa petugas warnet," imbuhnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6632 seconds (0.1#10.140)