Ribuan Pengemis Serbu Jakarta

Selasa, 24 Juni 2014 - 09:36 WIB
Ribuan Pengemis Serbu Jakarta
Ribuan Pengemis Serbu Jakarta
A A A
JAKARTA - Menjelang Ramadan, ribuan pengemis diprediksi bakal menyerbu Jakarta. Sepanjang Januari - Juni 2014 saja sudah 1.422 penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) terjaring razia.

Kepala Seksi Pelayanan Rehabilitasi Suku DInas Sosial Jakrata Selatan, MIftahul Huda mengatakan, wilayah yang berbatasan dengan luar kota seperti Jakarta Selatan, harus siaga.

"Ada 1.422 orang PMKS yang terjaring dari Januari sampai Juni. Dan yang paling banyak terjaring dari kalangan pengemis dengan 393 orang," ujarnya ketika dihubungi, Selasa (24/6/2014).

Menurut Miftahul, jenis PMKS tertinggi kedua yang ditertibkan adalah gelandangan dengan 344 orang dan psikotik 167 orang.
Sementara untuk bulan tertinggi penertiban PMKS berada pada April dengan 424 orang.

"Karena pada April kita maksimalkan penertiban PMKS sebab memang menjaga jalannya pelaksanaan Pemilu Legislatif," tegasnya.

Miftahul mengatakan pihaknya sudah siap untuk menjaga daerah perbatasan luar Jakarta. Karena saat Ramadan, akan ada ekspansi besar PMKS dari daerah penyangga ibukota yang masuk ke Jakarta.
Terlebih, imbuh Miftahul, saat Ramadhan akan bertambah banyak jenis PMKS manusia gerobak.

"Itu kadang mereka sewa sebulan sampai Rp1 juta. Kita koordinasi dengan Satpol PP untuk menertibkan mereka," ucapnya.

Miftahul menegaskan, untuk PMKS yang tertangkap saat Ramadhan sudah dipastikan mereka tidak bisa berlebaran bersama keluarga.

"Akan dimasukkan ke panti sampai selesai Idul Fitri. Untuk manusia gerobak, biasanya gerobaknya langsung disita oleh Satpol PP," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5801 seconds (0.1#10.140)