Razia Pengemis Tak Menyelesaikan Masalah

Kamis, 12 Juni 2014 - 11:05 WIB
Razia Pengemis Tak Menyelesaikan Masalah
Razia Pengemis Tak Menyelesaikan Masalah
A A A
JAKARTA - Dua minggu menjelang bulan ramadan, gelandangan dan pengemis diprediksi akan memenuhi Ibu Kota Jakarta. Upaya pemerintah dengan menggelar razia pengemis tidak akan bisa selesai jika akar masalah dari keberadaan gepeng tersebut tidak dituntaskan.

Pengamat perkotaan, Nirwono Joga mengungkapkan memang sampai saat ini gepeng musiman belum dapat dituntaskan sampai kepada akar-akarnya karena Pemprov hanya bisa melakukan penertiban saja.

Razia pengemis yang dilakukan bisa dituntaskan jika Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta dapat menjaring oknum yang mengorganisir mereka. Karena sudah rahasia umum jika pengemis di Jakarta itu terorganisir.

"Kan mereka tidak mungkin sendiri, pasti sudah terorganisir. Dinsos pasti punya nama-nama pemain, tinggal lancarkan aksi dengan bantuan Satpol PP," ujar Joga saat dihubungi Sindonews, Kamis (12/6/2014).

Akan tetapi, lebih lanjut Joga mengatakan ada hal penting yang seharusnya dapat dilakukan Pemerintah dalam hal ini Pusat dan Daerah untuk mengurangi gepeng musiman maupun gepeng yang ada sehingga tidak perlu melakukan razia pengemis tiap tahun.

Harusnya, pengembangan pembangunan ditingkatkan baik di pusat apalagi di daerah agar pengemis berfikir bahwa di daerah mereka ada kesejahteraan, otomatis pengemis berkurang.

"Jika hanya menangkap dan memulangkan setiap tahun seperti itu, tidak akan menyelesaikan masalah," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5525 seconds (0.1#10.140)