Menderita HIV, Gelandangan Kabur dari Rumah Sakit

Senin, 02 Juni 2014 - 11:40 WIB
Menderita HIV, Gelandangan Kabur dari Rumah Sakit
Menderita HIV, Gelandangan Kabur dari Rumah Sakit
A A A
JAKARTA - Seorang penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) berhasil dijaring petugas Suku Dinas Sosial Jakarta Selatan (Sudinsos Jaksel) setelah kabur dari perawatan rumah sakit. Diketahui, gelandangan yang sempat kabur dan kembali tertangkap tersebut sedang menderita HIV/AIDS akibat penggunaan narkoba.

Kepala Seksi Pelayanan Rehabilitasi Sudinsos Jaksel, Miftahul Huda mengatakan, pihaknya mengetahui ada PMKS yang terjangkita HIV/AIDS setelah mendapatkan laporan warga Jalan Bendi Besar RT 09/10, Kebayoran Lama yang resah dengan keberadaannya.

"Dapat laporan dari masyarakat bahwa ada gelandangan yang berpenyakit. Langsung kita turunkan Satgas Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) kesana," katanya kepada wartawan, .

Diketahui, PMKS tersebut bernama Deni Saputra (36), sebelumnya memang merupakan salah satu warga sekitar. Namun keluarganya sudah lama pindah dan telah menjual rumah mereka.

"Dia dibiarkan hidup menggelandang sendiri, hidup dari kasihan orang," tuturnya.

Deni memang telah menggunakan narkoba dengan jarum suntik sejak sekolah tingkat menengah hingga akhirnya tertular virus HIV/AIDS.

"Memang pakai narkoba suntik, dan setelah kita bawa diperiksa positif. Selain itu ada juga penyakit paru-paru basah," jelasnya.

Petugas yang membawa Deni ke UGD RS Fatmawati sempat dibuat kebingungan. Setelah dia melarikan diri kembali ke daerah Bendi.

"Tiba-tiba saat dirawat hilang, dan ternyata ada warga yang telpon Deni kembali kesana. Langsung kita jemput lagi," tegasnya.

Akhirnya untuk pertimbangan keamanan, Deni langsung dikirim ke PSBI Cipayung Jakarta Timur.

"Disana nanti akan direkomendasikan untuk direhab dari ketergantungan narkoba. Dan diberikan pengobatan," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7023 seconds (0.1#10.140)