'Pemerintah pusat orangtua, pemda anak-anak'

Minggu, 13 April 2014 - 08:25 WIB
Pemerintah pusat orangtua, pemda anak-anak
'Pemerintah pusat orangtua, pemda anak-anak'
A A A
Sindonews.com - Dalam mengatasi manusia gerobak yang berkeliaran di Ibu Kota Jakarta memang pemerintah daerah (pemda) harus dapat dukungan penuh dari pemerintah pusat. Sebab, untuk menangani maslah ini pemerintah pusat yang mempunyai kekuasaan besar.

"Pemerintah Pusat itu seperti orangtua, pemda yang ada di Indonesia ini kan anak-anaknya untuk mengatasi manusia gerobak. Ini tuh harus mereka (pemerintah pusat) yang pegang kendali," kata Pengamat Sosial dan Budaya Universitas Indonesia (UI) Devie Rahmawati saat dihubungi Sindonews, Sabtu 12 April 2014.

Maka itu, kata dia, pemerintah pusat harus mengayomi Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta soal panti sosial yang akan dibangun di luar ibu kota. Karena, jika pemerintah pusat tidak ikut menangani permasalahan itu, besar kemungkinan masnusia gerobak akan terus menghiasi wajah Jakarta.

"Jadi biar enggak berantem nih sesama pemda, misalnya untuk pembangunan yang panti sosial itu," kata Devie.

Maka itu, kata dia, langkah yang dilakukan Pemprov DKI untuk mengatasi manusia gerobak dan gepeng dengan cara memulangkan mereka bagi yang bukan warga DKI dan memasukkan mereka ke panti sosial yang akan dibangun di luar Jakarta dinilai sebagai suatu hal yang maju.

"Ini langkah yang maju yang harus dilakukan pemda DKI," ujarnya.

Baca:
Manusia gerobak di Jakarta mau ditertibkan
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5692 seconds (0.1#10.140)