Tahun Kuda Kayu, perayaan Imlek di Depok menurun

Jum'at, 31 Januari 2014 - 21:16 WIB
Tahun Kuda Kayu, perayaan Imlek di Depok menurun
Tahun Kuda Kayu, perayaan Imlek di Depok menurun
A A A
Sindonews.com - Hujan yang terus mengguyur Kota Depok berdampak pada perayaan tahun baru Cina 2556 shio Kuda Kayu 2014 ini. Pasalnya, jemaah di Vihara Gayatri Kelurahan Cilangkap, Kecamatan Tapos, Depok, berkurang.

"Pada malam Jumat Kliwon saja terlihat kurang, biasanya bisa lebih dari seribu jemaah, tapi tadi malam agak berkurang," kata Usup Hasan, salah seorang warga yang tinggal dekat vihara itu, Jumat (31/1/2014).

Menurut Usup, sepanjang Kamis 30 Januari 2014, cuaca ekstrem juga berdampak pada penurunan warga yang merayakan Imlek di vihara itu. "Mungkin karena melihat langit yang terus gelap," kata dia.

Walaupun demikian, sepanjang ritual doa seluruh warga yang datang menjalani dengan khusyuk. Diiringi hujan, semangat warga yang berdoa tetap saja ada.

Pada peradaan tahun Kuda Kayu ini, manusia harus lebih mendekatkan diri dengan dewa. Hal itu sesuai dengan keberadaan kuda yang merupakan perlambang hewan yang bisa dilatih. Sementara, kayu merupakan benda yang berguna. "Menurut kisahnya begitu," ucapnya.

Warga lainnya, Kevin Setiawan mengaku, tahun ini dirinya ingin lebih banyak lagi berdoa. Dengan harapan lebih baik dalam semuanya. "Ya dalam binis dan pernikahan," katanya.

Selain berdoa untuk dirinya, kata dia, doa tersebut juga dipanjatkan untuk keluarga besarnya agar semakin sukses dan makmur dalam kehidupan.
Soal cuaca yang tak menentu, Kevin mengaku tidak ada masalah. "Enggak ada kendala kok," akunya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0921 seconds (10.55#12.26)