Ketinggian Bendung Katulampa turun ke siaga IV

Minggu, 19 Januari 2014 - 17:22 WIB
Ketinggian Bendung Katulampa turun ke siaga IV
Ketinggian Bendung Katulampa turun ke siaga IV
A A A
Sindonews.com - Meski wilayah Bogor, khususnya kawasan Puncak (hulu sungai Ciliwung) terus diguyur hujan, namun air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa, Kota Bogor mengalami penurunan hingga 70 centimeter atau siaga IV banjir.

Status siaga IV itu bertahan sejak pukul 13.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Petugas Jaga Bendung Katulampa Andi Sudirman mengatakan, selain dikarenakan kawasan Puncak tidak terlalu diguyur hujan, cuaca di wilayah Bogor pada umumnya mendung dan hanya gerimis.

"Sehingga hal itu berpengaruh terhadap penurunan permukaan air di Bendung Katulampa," kata Andi saat ditemui di Pos Jaga Bendung Katulampa, Minggu (19/1/2014).

Meski demikian pihaknya mengimbau kepada warga yang tinggal di bantaran kali Ciliwung, khususnya Jakarta dan Depok untuk tetap waspada meluapnya air sungai atau banjir kiriman.

"Kami minta warga Jakarta untuk tetap waspada, karena cuaca di wilayah Bogor tak menentu dan terus diguyur hujan dengan intensitas sedang dan rendan," katanya.

Sekadar diketahui sejak dinyatakan status siaga IV hingga II, kawasan Katulampa terus dipadati ribuan masyarakat hendak berwisata dan rekreasi.

Pada umumnya mereka penasaran dengan bendung Katulampa, yang hampir setiap hari muncul di layar televisi. Terlebih, selama ini Katulampa kerap dianggap sebagai tolak ukur banjir di wilayah Jakarta.

"Iya penasaran aja, sekalian belanja di kawasan Tajur dan Katulampa, kita mampir ke Bendung Katulampa," kata Rudi, (45), warga Depok saat ditemui di Bendung Katulampa bersama keluarganya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6816 seconds (0.1#10.140)