Ini resep bugar di musim hujan

Kamis, 16 Januari 2014 - 14:04 WIB
Ini resep bugar di musim hujan
Ini resep bugar di musim hujan
A A A
Sindonews.com - Daya tahan tubuh seseorang dimusim pancaroba seperti sekarang ini cepat sekali menurun. Kondisi tersebut bisa dicegah dengan beberapa cara mudah.

Direktur RS Puri Cinere dr Judiwan Maswar memiliki resep jitu untuk tetap sehat di musim hujan. Kata dia, penyakit gangguan pernapasan misalnya, bisa dicegah dengan mengonsumsi multivitamin. Bila dikonsumsi secara tepat multivitamin dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit.

Kemudian untuk penyakit flu dan demam, dapat dilakukan dengan menjaga asupan makanan. Nutrisi yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. Jaga kesehatan, jaga asupan makanan serta sesuaikan aktifitas dengan istirahat yang cukup.

"Sementara untuk penyakit diare, dapat dicegah dengan selalu menjaga kebersihan," bebernya kepada wartawan di Depok, Kamis (16/1/2014).

Judiwan juga memberikan tujuh solusi agar tubuh tetap fit di tengah cuaca yang kurang bersahabat, di antaranya:

1. Konsumsi makanan bergizi yang mengandung, karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral. Istirahat yang cukup (usahakan tidur 6-8 jam sehari).

2. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal tiga kali seminggu selama 30 menit.

3. Konsumsi minuman suplemen yang tepat. Pilih makanan yang cukup mengandung vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12.

4. Kelola stress dengan baik. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.

5. Perbanyak minum air putih minimal delapan gelas sehari.

6. Menjaga kebersihan makanan dan minuman, membersihkan sesudah buang air besar atau menjelang makan serta menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, dan semut.

7. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke Dokter.

"Lakukan tips di atas secara rutin dan berkelanjutan, semoga kita akan terhindar dari penyakit di peralihan musim," tutupnya.

Baca:
Musim hujan, waspadai gejala tubuh anda
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5592 seconds (0.1#10.140)
pixels