Terapkan tilang elektronik, Polda sempurnakan ETLE

Kamis, 09 Januari 2014 - 15:08 WIB
Terapkan tilang elektronik, Polda sempurnakan ETLE
Terapkan tilang elektronik, Polda sempurnakan ETLE
A A A
Sindonews.com - Untuk menyukseskan tilang elektronik, Direktorat Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya hingga terus menyempurnakan sistem Electronic Traffic Law Envorcement (ETLE).

Basic penerapan ETLE sendiri, POlda Metro Jaya mulai memindahkan data pengendara ke sistem digital atau yang disebut ERI (Electronic Registration Indentification).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Nurhadi Yuwono, pihaknya masih melakukan singkronisasi data berupa SIM, STNK dan BPKB milik seluruh pengendara di Ibukota.

"Nantinya berkas elektronik akan lebih efektif, hemat tempat simpanan juga," ujar Nurhadi di kantornya, Kamis (9/1/2014).

Nurhadi mengakui, dengan ERI, dokumen yang dimiliki pemilik kendaraan akan lebih terjaga.

"Data pengendara akan lebih terjaga dan mengurangi aspek penjagaan yang lainnya," paparnya.

Seperti diketahui, untuk mengurangi kemacetan Dirlantas Polda Metro Jaya akan menerapkan Electronic Roap Pricing (ERP). Untuk itu, Polda Metro Jaya sedang menyempurnakan data seluruh pemilik kendaraan di Jakarta ke program ERI.

Seluruh database sistem ERI nantinya akan tersimpan di Traffic Management Centre (TMC) yang akan dijadikan pusat kendali lalu lintas di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Sebagai payung hukumnya akan dibuatkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Mekanisme kerjanya, dengan bantuan pengawasan CCTV para pengendara yang kedapatan melanggar akan difoto pelat nomor kendaraannya kemudian akan ditilang.

Baca juga: Tilang elektronik, Jakarta akan dipenuhi CCTV
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6598 seconds (0.1#10.140)