Pohon tergusur proyek MRT harus diganti

Kamis, 09 Januari 2014 - 11:43 WIB
Pohon tergusur proyek MRT harus diganti
Pohon tergusur proyek MRT harus diganti
A A A
Sindonews.com - Pohon yang ditebang karena terkena proyek Mass Rapid Transportation (MRT), diharapkan diganti dengan penanaman pohon di lokasi lain.

Menurut Ketua Umum Bangkit Energi Indonesia Hijau (BENIH) Faisal Yusuf, secara keseluruhan ide pembangunan MRT sangat baik dan bisa mengurangi polusi udara kendaraan pribadi.

Menurutnya, ada tiga aspek yang harus diperhatikan agar pembangunan MRT menjadi fokus dan hasilnya maksimal bagi pengurangan polusi dan kemacetan.

"Pemerintah harus berupaya untuk mengganti pohon-pohon yang ditebang untuk jalur MRT dengan menambah taman kota baru, karena pohon yang ditebang sudah berkontribusi banyak bagi pengurangan polusi udara dan tanah," ujar Faisal, Kamis (9/1/2014).

Selanjutnya, pemerintah harus dapat menarik warga agar mau menggunakan MRT. Caranya dengan menambah fasilitas kenyamanan dan keamanan. Misalnya mengintegerasikan MRT dengan moda transportasi publik lain (kereta dan Transjakarta).

Kemudian, membangun park and ride agar mudah terhubung dengan transportasi publik lainnya dan menambah aparat keamanan di dalam atau di luar angkutan tersebut.

Terakhir, dengan melakukan pembenahan regulasi terhadap kepemilikan kendaraan pribadi. Hal itu bertujuan agar MRT dan moda transportasi publik menjadi terfokus tujuan dan fungsinya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5303 seconds (0.1#10.140)
pixels