Biang macet, Dishub akan evaluasi U-turn di Kalimalang

Selasa, 07 Januari 2014 - 16:50 WIB
Biang macet, Dishub akan evaluasi U-turn di Kalimalang
Biang macet, Dishub akan evaluasi U-turn di Kalimalang
A A A
Sindobews.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mengevaluasi banyaknya titik putaran (U-turn) maupun persimpangan di sepanjang Kalimalang di Jalan KH Noer Ali, Bekasi Selatan, Kota Bekasi.

Kemacetan yang selama ini terjadi di Kalimalang disebabkan adanya putaran di setiap persimpangan. Alhasil, Pada jam sibuk, titik-titik putaran itu menyebabkan antrean kendaraan mulai dari perbatasan DKI Jakarta hingga masuk ke jantung Kota Bekasi setiap pagi dan sore hari.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bekasi Sopandi Budiman mengakui, penyebab kemacetan di sepanjang Jalan Kalimalang adalah banyaknya putaran atau U-Turn.

"Jarak antara putaran tersebut cukup dekat sehingga memicu antrean dan berbuntut pada kemacetan," katanya di Bekasi, Selasa (7/1/2014).

Beberapa titik itu diantaranya Simpang Sumber Arta, U-Turn depan Universitas Gunadarma, U-Turn depan RS Global Awal Bros dan RS Budi Lestari, serta U-Turn Mal Metropolitan. Bahkan, ada beberapa putaran kecil di sepanjang Kalimalang hingga perbatasan DKI Jakarta.

Saat ini, putaran tersebut masih diperlukan. Namun jika menjadi penyebab kemacetan, Dishub akan melakukan evaluasi kembali.

Sementara itu, Kasi Manajemen Lalu Lintas, Dishub Kota Bekasi Teguh Irianto menambahkan, evaluasi terhadap U-Turn di sepanjang Jalan KH Noer Ali sangat diperlukan saat Gerbang Tol Bekasi Barat III resmi beroperasi. Karena, akan berdampak kepadatan lalu lintas di Jalan Kalimalang.

"Gerbang Tol Bekasi Barat 3 untuk mengurai kemacetan lalu lintas selama ini di Jalan Kalimalang," katanya.

Namun, kepadatan itu bisa berkurang jika dalam waktu dekat akan dioperasikan jalan baru di sisi selatan Saluran Inspeksi Kalimalang, sejak Mal Metropolitan hingga ke Sumber Arta.

Saat ini, kata dia, kondisi fisik jalan sudah jadi sebagian, yaitu mulai dekat Mal Metropolitan sampai ke Simpang Caman. Nantinya, akan diteruskan sampai ke arah Sumber Arta.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7011 seconds (0.1#10.140)