Boediono minta KAI perbaiki sistem perkeretaapian

Selasa, 10 Desember 2013 - 11:51 WIB
Boediono minta KAI perbaiki sistem perkeretaapian
Boediono minta KAI perbaiki sistem perkeretaapian
A A A
Sindonews.com - Wakil presiden RI Boediono meminta PT Kereta Api Indonesia untuk memperbaiki sistem kereta di Indonesia. Hal tersebut menyusul maraknya kecelakaan kereta api.

Mantan Gubernur Bank Indonesia itu menegaskan, dalam jangka dekat perlu ada perbaikan sistemik perkeretaapian untuk meminimalisir angka kecelakaan kereta.

"Yang paling terdekat saya minta pengecekan dari peralatan keselamatan baik dari PT KAI maupun Menhub di kereta," kata Boediono saat mengunjungi korban kecelakaan kereta di RS Suyoto, Selasa (10/12/2013).

Boediono juga menegaskan, dalam jangka pendek perlu segera dicari solusi mengurangi risiko diperlintasan kereta api. Salah satunya adalah dengan membuat underpass dibeberapa titik perlintasan sebidang yang padat.

"Nanti kita coba untuk jangka panjang jalur kereta api elevated, walaupun tidak bisa mempunyai sistem seperti itu dikota terlalu banyak. Kita sudah minta Bapenas dan Menhub untuk membuat studi bagaimana membangun rancangan elevated yang ada didalam kota," tukasnya.

Boediono juga meminta kepada Direktur Utama PT KAI untuk segera membuat petunjuk khusus di dalam gerbong yang menginformasikan langkah bertindak saat terjadi kecelakaan.

"Dibuat pengumuman petunjuk dan ditempel didalam gerbong apa saja yang harus dilakukan kalau ada kecelakaan, ini bisa dilakukan dengan cepat. Mulai diedukasi tentu kita minta perbaiki dalam upaya pendidikan keselamtan," jelasnya.

Boediono menambahkan, kecelakaan kali ini harus dijadikan pembelajaran bagi seluruh stakeholder transportasi umum.

Wakil Presiden Boediono hari ini didampingi oleh Menteri Kesehatan Nafsiah Mboy, Menteri Perhubungan E E Mangindaan, dan Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7610 seconds (0.1#10.140)