Ini kronologis bentrokan PKL vs Satpol PP di Monas

Kamis, 05 Desember 2013 - 18:47 WIB
Ini kronologis bentrokan PKL vs Satpol PP di Monas
Ini kronologis bentrokan PKL vs Satpol PP di Monas
A A A
Sindonews.com - Razia pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Monas (Monumen Nasional), Gambir, diwarnai perang batu. Kendati sempat membuat sejumlah petugas terluka, tidak ada satupun PKL yang diamankan petugas.

Kapolsek Gambir AKBP Jajang Hasan Basri mengatakan, kejadian berawal ketika petugas satpol PP melakukan penertiban dan meminta para pedagang untuk mengeluarkan barang dagangannya dari kawasan Monas.

Diperintahkan begitu pedagang menolak dan tidak mau menyerahkan, akibatnya satpol PP melakukan tindakan represif. Aksi petugas langsung dijawab PKL dengan lemparan batu.

Selanjutnya petugas Polsek Gambir melakukan penyisiran dan memukul mundur pedagang. Meski demikian tidak ada pedagang yang diamankan atas peristiwa tersebut.

"Kita melakukan pengamanan setelah satpol PP kewalahan," tuturnya di lokasi, Kamis (5/12/2013).

Kasi Op dan Penegakan Hukum Satpol PP Jakarta Pusat, J. Situmorang mengatakan, razia dilakukan untuk mensterilkan Monas karena akan ada festival Keraton dunia.

Diakuinya, petugas terpaksa menggunakan alat kejut listrik karena mendapat perlawanan dari pedagang. "Pedagang melawan sehingga terpaksa petugas menggunakan alat setrum," tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9119 seconds (0.1#10.140)
pixels