Permukaan tanah amblas, ini yang harus dilakukan

Rabu, 04 Desember 2013 - 22:23 WIB
Permukaan tanah amblas, ini yang harus dilakukan
Permukaan tanah amblas, ini yang harus dilakukan
A A A
Sindonews.com - Amblasnya permukaan tanah di Jakarta lambat laun bisa membuat Jakarta berada dibawa permukaan laut. Banyak yang harus dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta jika tidak ingin terjadi bencana ekologi tersebut.

Kepala Pusat Sumber Air Tanah Dan Geologi Lingkungan, Kementerian ESDM Dodid Murdohardono menjelaskan, untuk mencegah laju penurunan permukaan tanah, perlu kerjasama sinergis antara pemerintah pusat dan DKI Jakarta.

"Pemprov DKI tidak bisa berjalan sendiri untuk mengatasi hal ini, perlu dukungan pemerintah pusat," terangnya di Acara Workshop Informasi Geologi Lingkungan Dalam Menunjang Penataan Ruang Bawah Tanah di Jakarta , Rabu (4/12/2013).

Pemerintah Pusat dan daerah secara sinergis melakukan penambahan resapan air dalam tanah. Sedangkan untuk keperluan air bersih, harus dipikirkan cara lain dengan tidak memanfaatkan air tanah.

"Untuk keperluan air bersih perlu mulai mempertimbangkan untuk mengganti penggunaan air tanah dengan mengolah air permukaan," terangnya.

Dalam membangun konstruksi serta perencanaan tata ruang, lanjutnya, perlu mempertimbangkan adanya amblesan air tanah serta sebaran air tanah payau atau asin.

"Langkah lain adalah dengan penambahan kolam penampungan air hujan sebagai pengganti air tanah yang telah tergusur oleh pembangunan konstruksi bawah tanah dan pemulihan fungsi situ-situ di DKI Jakarta," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3821 seconds (0.1#10.140)