Pengerukan Waduk Rawa Babon baru 50 persen

Rabu, 04 Desember 2013 - 15:19 WIB
Pengerukan Waduk Rawa Babon baru 50 persen
Pengerukan Waduk Rawa Babon baru 50 persen
A A A
Sindomews.com - Memasuki puncak penghujan yang dimulai pada bulan ini, Gubernur DKI, Joko Widodo semakin getol memantau pengerjaan waduk di Jakarta. Tak terkecuali Waduk Rawa Babon di Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur.

Di atas bibir waduk, Jokowi mengatakan, akan melakukan pengerukan sampai mencapai kedalaman 4-6 meter. Sejak awal dikerjakan sampai kini, kedalaman waduk baru sekitar 2-3 meter.

"Kita mau keruk sampe kedalaman 4-6 meter. Akhir tahun depan ditargetkan rampung," kata Jokowi di lokasi, Rabu (4/11/2013).

Ia membeberkan, waduk yang difungsikan sebagai pengendali banjir ini memiliki luas lahan secara keseluruhan 15 hektare. Namun, yang dibangun menjadi areal waduk hanya seluas 6 hektare.

"Ini baru sepertiganya kita kerjain, fungsinya buat nampung air," jelasnya.

Mantan Wali Kota Solo ini menambahkan, Waduk Rawa Babon nantinya tidak sekedar akan dinormalisasi, tetapi juga dibangun taman dan public space seperti di Waduk Riario.

Sementara itu, Arifin (30), warga sekitar mengutarakan, jika waduk ini dahulunya rawa yang dipenuhi tanaman eceng gondok. Sebelum dikeruk, pemukiman di sekitarkerap terendam banjir karena posisinya lebih rendah dari waduk.

"Waktu belum dikeruk, banjir masuk ke rumah warga dan menggenang ke jalan setinggi 30 cm. Tapi pas sudah dikeruk, sekarang enggak banjir lagi," tandasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6618 seconds (0.1#10.140)