Jokowi: Berantas korupsi dimulai dari rekrutmen birokrasi

Rabu, 04 Desember 2013 - 13:41 WIB
Jokowi: Berantas korupsi dimulai dari rekrutmen birokrasi
Jokowi: Berantas korupsi dimulai dari rekrutmen birokrasi
A A A
Sindonews.com - Lelang jabatan yang menjadi salahsatu program unggulan Jokowi diyakini mampu memberantas korupsi. Pasalnya, pejabat yang dipilih benar-benar memiliki sumber daya manusia yang mumpuni.

"Senang enggak senang itu berdasarkan proses yang benar dan terbuka seperti lelang jabatan," kata Jokowi usai acara Konferensi Nasional Pemberantasan Korupsi Tahun 2013 Melalui Implementasi Sistem Integritas di Balaikartini, Jakarta, Rabu (04/11).

Jokowi menerangkan, saat ini jajarannya tengah menggelar proses seleksi terbuka Kepala Puskesmas dan Kepala Sekolah setelah lelang jabatan lurah dan camat. Seleksi terbuka tersebut diharapkan dapat menjaring SDM yang berdedikasi tinggi.

"Ke depan kita lakukan di semua tempat dan jabatan, satu persatu. Dan kita harapkan mendapatkan SDM yang betul-betul mau layani rakyat," ujarnya.

Ia melanjutkan, birokrasi terbuka juga bisa dibangun dari sistem online yang diterapkan pada pajak hotel, restoran, tempat hiburan parkir. Begitu pula dalam proses pengadaan barang dan jasa dengan e-budgeting.

"Itu bangun sistem. Kemudian pengadaan barang jasa e-budgeting. Jadi kita paksa birokrasi ikuti sistem yang dibangun," terangnya.

Apabila birokrasi terbuka telah berjalan, lanjut Jokowi, langkah terakhir yang mesti dilakukan tinggal memperkuat manajemen kontrol. Di mana segalanya masih perlu dicek, didata dan diamati di lapangan.

"Kalau semua punya semangat sama sistem yang dibangun, kita jadi negara makmur sejahtera," pungkasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7734 seconds (0.1#10.140)
pixels