Jokowi: Ini lumpur semua?

Selasa, 19 November 2013 - 14:21 WIB
Jokowi: Ini lumpur semua?
Jokowi: Ini lumpur semua?
A A A
Sindonews.com - Setelah meninjau Kali Nipah dan Rawa Lindung kemarin, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali memantau pengerjaan Kali Cakung Drain, di Cilincing, Jakarta Utara.

Bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI, Jokowi memantau proses pengerukan satu dari 13 kali aliran sungai besar di Jakarta itu. Di lokasi, orang nomor satu di DKI ini geleng kepala setelah melihat air di permukaan kali berwarna pekat dipenuhi lumpur.

"Ini lumpur semua, berpuluh-puluh tahun enggak pernah dikeruk. Ini kalau dirawat setiap tahun enggak akan kaya gini," kata Jokowi di lokasi, Selasa (19/11).

Ia mengutarakan, karena tidak pernah dikeruk dan penuh endapan lumpur, kedalaman di kali ini menjadi satu meter. Karena itulah, setelah dilakukan pengerukan, kali ini diharapkan bisa menampung empat sampai lima meter air.

"Ya memang di seluruh Jakarta, tidak hanya kali kecil tapi kali-kali besar pun keadaannya seperti ini," ujarnya.

Jokowi menambahkan, akibatnya terlalu banyak sedimen lumpur yang menumpuk dengan volume tebal, proses pengerukan kali tidak bisa dikerjakan dalam waktu singkat.

"Ini paling tidak butuh waktu dua tahun. Tapi di musim hujan kali ini, empat minggu bisa rampung," ujarnya.

Pantauan di lapangan, satu unit alat berat melakukan pengerukan sedimen lumpur dari dalam dasar kali yang kemudian diangkut ke sebuah truk.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3998 seconds (0.1#10.140)