Walhi: Sudah seharusnya perusahaan punya IPAL

Jum'at, 15 November 2013 - 08:08 WIB
Walhi: Sudah seharusnya perusahaan punya IPAL
Walhi: Sudah seharusnya perusahaan punya IPAL
A A A
Sindonews.com - Sudah seharusnya semua perusahaan mempunyai Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) sebelum dibuang langsung ke sungai. Hal itu agar tidak mencemari kali dan sungai.

"Sebetulnya (semua) perusahaan sudah mempunyai IPAL agar tidak langsung membuang limbahnya ke sungai. Tapi diolah terlebih dahulu agar air di kali tidak tercemar," kata Ketua Dewan Wahana Lingkngan Hidup (Walhi) Ubaidillah saat dihubungi Sindonews, Kamis 14 November 2013 malam.

Dia juga mengatakan, belakangan ini memang sudah terbukti, bahwa limbah pabrik tersebut sangat mempengaruhi kesehatan warga sekitar. Tambahnya, jika air limbah tersebut langsung dibung ke kali sudah pasti air itu tercemar limbah.

"Terbukti air sungai itu langsung hitam pekat ya kan. itu dari mana kalau bukan dari limbah pabrik," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meminta, semua perusahaan yang beroperasi di Jakarta memiliki pengelolaan limbah sebelum dibuang ke kali.

"Hanya reklamasi yang dapat dilakukan. Supaya tidak ada pembuangan limbah ke laut lagi. Setelah direklamasi, pengusaha harus benar-benar mengolah limbahnya," kata pria yang biasa disapa Ahok ini di Balai Kota Jakarta, kemarin.

Baca berita terkait:
Ahok minta perusahaan kelola limbah sebelum dibuang
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.1009 seconds (0.1#10.140)