Bekasi desak pusat tuntaskan perbaikan tanggul

Jum'at, 15 November 2013 - 00:02 WIB
Bekasi desak pusat tuntaskan perbaikan tanggul
Bekasi desak pusat tuntaskan perbaikan tanggul
A A A
Sindonews.com - Dinas Bina Marga dan Tata Air (Disbimarta) Kota Bekasi desak Kementrian Pekerjaan Umum (Kemen PU) segera menyelesaikan perbaikan delapan titik tanggul di sepanjang bantaran Kali Bekasi. Perbaikan itu harus rampung pada puncak musim hujan Januari mendatang.

Kepala Disbimarta Kota Bekasi Tri Adhianto mengatakan, perbaikan tanggul Kalimalang oleh pemerintah pusat itu baru kelar dikerjakan yang berada di Perumahan Pondok Gede Permai dan Kemang IFI. "Baru dua yang akan rampung," katanya di Bekasi, Kamis (15/11/2013).

Menurut Tri, ada empat titik tanggul yang jebol dengan total panjang mencapai 205 meter. Kerusakan di masing-masing lokasi berbeda, ada yang jebol, tergerus erosi, dan butuh peninggian tebing. Namun, kerusakan tanggul terparah di Perumahan Kemang IFI.

Karena, dua titik tanggul di perumahan ini jebol dan terkikis erosi dengan total panjang mencapai 100 meter. Sedangkan, di Perumahan Pondok Gede Permai, tanggulnya jebol karena terkikis erosi sepanjang 45 meter. "Dua wilayah itu menjadi lokasi banjir terparah," katanya.

Bahkan, sekira satu kilometer dari lokasi tanggul jebol itu didapati pula tanggul yang nyaris roboh pondasinya. Lokasi terakhir tanggul jebol berada di Perumahan Pondok Pekayon Asri yang kerusakannya mencapai 60 meter. Di titik ini, terdapat kelokan arus sungai.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6058 seconds (0.1#10.140)
pixels