Aksi buruh anarkis, polisi ancam bertindak tegas

Senin, 28 Oktober 2013 - 13:55 WIB
Aksi buruh anarkis, polisi ancam bertindak tegas
Aksi buruh anarkis, polisi ancam bertindak tegas
A A A
Sindonews.com - Mabes Polri menegaskan akan menindak tegas para demonstran yang hari ini melakukan aksi disertai dengan kekerasan dan pengrusakan terhadap fasilitas umum.

Tak hanya itu, upaya pemblokiran jalan, pengrusakan jalan, dan mengganggu kelancaran lalu lintas masyarakat lain bakal dihadapi polisi dengan ketegasan.

"Namun sejauh tidak anarkis kita hanya memberikan pelayanan kepada para buruh," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Ronny F Sompie di Bareskrim Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (28/10/2013).

Selain itu, Ronny juga menegaskan bahwa Mabes Polri akan memberikan perbantuan personel yang sudah dipersiapkan untuk Polda-Polda dalam mengamankan jalannya aksi buruh yang akan diselenggarakan selama tiga hari dengan estimasi massa sekitar tiga juta buruh untuk seluruh Indonesia.

"Untuk antisipasi mogok nasional, Mabes akan mem-backup pengamanan dalam bentuk satgas dengan menyiapkan 1.100 anggota polisi seperti brimob, 11 SSK, Bareskrim, Baharkam, Intelkam, Kedokteran, Kesehatan," tegas Ronny.

Namun, bantuan tersebut masih bersifat kondisional. Jika diperlukan, maka akan disalurkan personel dengan jumlah yang dibutuhkan.

"Kalau ada Polda lain yang membutuhkan bantuan, kita akan kirimkan pasukan dengan sistem Polda tetangga yang tidak rawan (demo buruh) maka ia harus mengirimkan pasukan langsung. Demikian juga Polres," pungkas Ronny.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7750 seconds (0.1#10.140)