Depok diusulkan bergabung dengan Jakarta

Rabu, 16 Oktober 2013 - 08:49 WIB
Depok diusulkan bergabung dengan Jakarta
Depok diusulkan bergabung dengan Jakarta
A A A
Sindonews.com - Sebagai salah satu kota penyangga Jakarta, Kota Depok justru lebih dekat ke Jakarta daripada menginduk ke Provinsi Jawa Barat.

"Depok itu salahs atu kota penyangga, jadi lebih baik Depok ikut ke Jakarta saja daripada dengan Jawa Barat," kata anggota Komisi III DPR RI dari Partai Demokrat (PD) Harry Wicaksono di Depok, Rabu (16/10/2013).

Usulan itu, sambung dia, bukan tanpa alasan logis. Selain memiliki kesamaan dengan Jakarta, dengan bergabungnya Depok ke Jakarta dinilai akan memudahkan urusan administratif.

Mengingat, saat ini pejabat Kota Depok harus rela pergi ke Bandung, Jawa Barat untuk mengikuti rapat. Pasalnya, induk Kota Depok berada di Bandung, Jawa Barat. Sedangkan untuk urusan hukum justru merujuk ke Polda Metro Jaya.

"Alangkah lebih baiknya jika secara administratif dan hukumnya merujuk ke satu induk saja. Kalau sekarang kan masih masing-masing," ungkap Harry.

Diakui dia, usulan itu tidak mudah untuk direalisasikan. Karena ini menyangkut hal politis juga. Kalau hal itu terjadi, kata Harry, bisa menimbulkan kecemburuan dari Jabar.

Namun jika putusan itu bisa membuahkan kondisi yang positif bagi Kota Depok maka tidak ada salahnya dilakukan.

"Memang bukan hal yang mudah, perlu diskusi panjanglah," tukasnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7191 seconds (0.1#10.140)